Idul Adha 1443 H

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Potong Sebanyak 15 Hewan Kurban untuk Keluarga Stunting & Gizi Buruk

Di momen Idul Adha 1443 H, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memotong 15 hewan kurban Masjid Raya Al Bantani.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Sigit Nugroho
TribunTangerang/Andika Panduwinata
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memotong 15 hewan kurban Masjid Raya Al Bantani untuk disalurkan kepada keluarga dengan anak stunting dan gizi buruk. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Saat Hari Raya Idul Adha 1443 H, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memotong 15 hewan kurban Masjid Raya Al Bantani.

Seluruh hewan kurban itu disalurkan kepada keluarga dengan anak stunting dan gizi buruk.

Penyaluran daging itu disertai dengan dana pendampingan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten kepada para mustahik untuk membeli bumbu.

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan di UPTD Pengujian Pakan dan Pembibitan Ternak (P3T)  Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Dinas Pertanian Provinsi Banten Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Banjarsari, Kota Serang, Senin (11/7/2022) dini hari.

Baca juga: Ini Cara Warga Wijaya Kusuma Mendapatkan Hingga Berbagi Daging Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha

Baca juga: Polisi dan UMKM Olah 11 Ton Daging Hewan Kurban Jadi Rendang Disambut Baik Relawan Siap Bergerak

Baca juga: 3.221 Hewan Kurban Dipotong di 187 Lokasi di Jakarta Utara Saat Iduladha 1443 Hijriah

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar yang memiliki Sertifikat Juru Sembelih Halal (Juleha) itu mengungkapkan tips untuk memeriksa golok sembelih yang tajam.

Di antaranya bisa untuk mencukur rambut atau bulu tubuh, memotong plastik, hingga memotong kertas.

Hewan kurban yang disembelih, sebelumnya sudah diperiksa oleh Petugas Dinas Pertanian Provinsi Banten. Pemeriksaan antemortem untuk memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dipotong.

BERITA VIDEO: Sapi Ngamuk Bubarkan Orang Salat Idul Adha

Pemeriksaan postmortem untuk kelayakan konsumsi daging kurban.

Penyaluran daging hewan kurban untuk keluarga dengan anak stunting dan gizi buruk di wilayah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, serta Kabupaten Pandeglang.

Penyaluran dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Baznas) Provinsi Banten bekerja sama dengan relawan PKH (Program Keluarga Harapan) yang dikoordinir Dinas Sosial Provinsi Banten.

Dijelaskan Al Muktabar, hewan kurban dipotong dini hari dengan tujuan agar dagingnya masih segar saat didistribusikan pagi harinya.

"Datanya sudah by name by address," ungkapnya.  

Seperti dijelaskan oleh Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Banten Mulyadi bahwa dalam penyalurannya Baznas bekerja sama dengan para relawan PKH yang dikoordinir Dinas Sosial Provinsi Banten.

"Yang menyalurkan door to door para relawan PKH. Bersamaan dengan daging juga disalurkan dana pendampingan dari Baznas kepada mustahik untuk membeli bumbu," kata Mulyadi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved