Pelaksanaan Ibadah Haji Telah Selesai, Ridwan Kamil Akhiri Tugasnya Sebagai Amirul Hajj Jabar

Pelaksanaan ibadah haji telah selesai, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akhiri tugasnya sebagai Amirul Hajj Jabar.

dok. Humas Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Amirul Hajj Jabar saat menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke di Hotel Suad Palace dan Dar Hasan Hotel, Arab Saudi, Rabu (6/7/2022) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, ARAB SAUDI -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga Amirul Hajj Jabar sudah menyelesaikan dua tugas selama berhaji di Tanah Suci.

Tugas pertama yakni mengawal dan memastikan jemaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan yang maksimal.

"Mengawal jemaah Jawa Barat sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Kita ada inovasi-inovasi. Klinik di tiap hotel, makanan khas lokal, kamar hotel yang nyaman, dan lain-lain, Alhamdulillah terlaksana," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil seperti dikutip dalam keterangan resmi Humas Jabar, Senin (11/7/2022).

Sebelum melakukan wukuf di Arafah dan lempar jumrah, Kang Emil rutin mengunjungi penginapan-penginapan jemaah haji asal Jabar untuk menyapa dan memastikan jemaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan optimal dan menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

Selain itu, Kang Emil juga sempat menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke. Ia pun sempat makan bala-bala dan bakso bersama dengan jemaah haji asal Jabar.

"Tugas yang kedua memang pribadi, yaitu badal haji, menghajikan almarhum anak saya Emmeril Kahn Mumtadz. Dua hal tadi dilaksanakan, Insya Allah memberikan kemudahan dua-duanya lancar," ucap Kang Emil.

Ridwan Kamil, Atalia dan Zarah tunaikan ibadah haji 1443 Hijriah sambil membawa foto Eril
Ridwan Kamil, Atalia dan Zarah tunaikan ibadah haji 1443 Hijriah sambil membawa foto Eril (Instagram @ataliapr)

Kang Emil berharap kuota jemaah haji Indonesia tidak terbatasi dan maksimal pada tahun depan. Ia pun mendoakan jemaah haji asal Jabar menjadi haji yang mabrur.

"Di belakang saya tempat melempar jumrah, zaman dulu cuma satu lantai sekarang ini empat lantai. Saking banyaknya. Kita doakan tahun depan tidak ada kuota yang terbatasi lagi sehingga bisa maksimal kuota haji buat Indonesia, sehingga tidak usah menunggu terlalu lama sekitar 30 tahun," ucapnya.

Kang Emil juga ucapkan selamat bagi seluruh jemaah haji yang sebentar lagi akan kembali ke Tanah Air usai melaksanakan ibadah haji.

“Selamat menjadi haji mudah-mudahan mabrur dan saya doakan yang belum mudah-mudahan Allah mudahkan untuk jadi undangan Allah di Tanah Suci," imbuhnya.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved