Idul Adha 1443 H

Bantu Distribusikan 11 Ton Olahan Daging Kurban, Polda Metro Jaya Gandeng Relawan Siap Bergerak    

Di Idul Adha 1443 H, Polda Metro Jaya mendistribusikan 11 ton olahan daging kurban siap saji dengan memasaknya menjadi rendang.

Editor: Sigit Nugroho
Tribunnews.com/Fandi Permana
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Menparekraf Sandiaga Uno bersama Relawan SiapBergerak membantu proses pendistribusian daging kurban siap saji yang dibuat menjadi rendang dalam Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di Idul Adha 1443 H, Polda Metro Jaya mendistribusikan 11 ton olahan daging kurban siap saji dengan memasaknya menjadi rendang.

Pembagian sajian olahan daging kurban itu turut didukung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Melalui program Kurban Barokah 2022, Polda Metro Jaya menyalurkan olahan daging kurban itu dengan menggandeng Relawan Siap Bergerak untuk kemudahan pendistribusian ke masyarakat.

"Kami, relawan SiapBergerak merasa bersyukur, tahun 2022 ini, Kapolda Metro Jaya berkolaborasi bersama relawan SiapBergerak, sebagai tim yang akan bersama-sama anggota kepolisian membagikan 11 ton daging olahan rendang kepada warga DKI Jakarta, selama 3 hari pada 11-13 Juli 2022,” kata Ketua Program Relawan SiapBergerak Devie Rahmawati di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Polda Metro Jaya Bakal Berikan Pengamanan Saat Salat Idul Adha dan di Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

Baca juga: Sebagai Kota Global, Polda Metro Jaya Wajib Ciptakan Rasa Aman Bagi Warga Jakarta

Baca juga: Dirbinmas Polda Metro Jaya Aktifkan Gerakan Subuh Berjamaah, Ketua Sahabat Polisi Apresiasi

Dalam proses pendistribusian, kegiatan ini diawali dengan kegiatan pemotongan sapi di Masjid Al Kausar Polda Metro Jaya dan langsung dimasak oleh relawan dengan menggandeng juru masak dari Makciak, UMKM kuliner minang.

Kegiatan memasak rendang dilakukan secara simbolis oleh Kapolda Metro Jaya dan Menparekraf bersama-sama pelaku UMKM.

Devie menjelaskan, sebagai platform digital, SiapBergerak sudah bergerak sejak pandemi Covid-19 melanda. Dengan mengelola lebih dari 60 ribu relawan dalam program Vaksinasi Merdeka sepanjang tahun 2021 lalu.

"Khusus dalam program Kurban Barokah, kami membutuhkan 100 relawan, namun, pendaftar mencapai lebih dari 500 lebih calon relawan. Di masa pandemi lalu, kebutuhan 4500 relawan, jumlah pendaftar mencapai 20 ribu dalam waktu 3 hari," kata Devei.

Sementara itu, Ketua Seksi Relawan Posko Qurban Baraqah 2022 Kompol Supriyanto menjelaskan bahwa Polda Metro Jaya meneruskan tradisi ini sejak tahun 2021.

BERITA VIDEO: Polda Metro Potong Belasan Sapi di Belakang Halaman Masjid Al Kautsar

Daging kurban dibuat menjadi olahan rendang bertujuan untuk memastikan di hari yang mulia ini, seluruh warga dapat merasakan kebahagiaan yang sama.

"Kami juga menyasar warga yang berkebutuhan khusus seperti penyandang disablitas, juga keluarga napi misalnya. Pembagian ini dilakukan di 13 Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata Supriyanto.

Supriyanto menjelaskan bahwa sejarah program Kurban Baraqah berawal dari ikhtiar Kapolda membantu UMKM masakan padang yang terimbas pandemi, dengan memberikan pesanan memasak daging kurban untuk warga DKI

Libatkan 18 UMKM

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved