Hewan Kurban

Tim Juleha Menjadi Eksekutor Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Agung Al Barkah Bekasi

Panitia kurban Masjid Agung Al Barkah Bekasi menyiapkan Tim Juleha yang bertindak sebagai eksekutor penyembelihan hewan kurban.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Tribun
Ilustrasi - Masjid Al Barkah Bekasi telah menyiapka Tim JUleha yang akan menyembelih hewan kurban. Mereka adalah orang terlatih soal penyembelihan hewan kurban. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Sekretaris DKM Masjid Agung Al-Barkah, Mustain mengatakan telah bekerja sama dengan juru sembelih halal (Juleha) terkait pemotongan hewan kurban.

Hal ini untuk memastikan daging yang akan distribusikan ke warga sehat dan halal.

Baca juga: Masjid Jami Al Huda Muhammadiyah Tebet Timur Sebar 1.750 Kupon untuk Pengambilan Hewan Kurban

"Kalo untuk pemotongan kita pakai tim Juleha juru sembelih halal, kemudian dia hanya dari sembelih sampai pencacahan ya," kata Mustain, Sabtu (9/7/2022).

Nantinya, setelah proses penyembelihan selesai, panitia kurban dari Masjid Agung Al-Barkah mendistribusikan ke setiap RT yang berada di sekitar lingkungan Masjid Agung Al-Barkah.

Sehingga Mustain memastikan tidak ada penerima langsung di area Masjid.

"Jadi kalo untuk penerima kita serahkan ke RT Kalo nanti memang kita hitung sampai rapat terakhir besok, misalnya empat ekor sapi jadi berapa kantong gitu, nanti baru di RT kita sampaikan di RT sekitar kita ini," katanya.

Setelah daging hewan kurban didistribusikan ke RT sekitar Masjid, selanjutnya sesuai dengan pendataan pihak RT akan langsung didistribusikan kembali ke warga yang memang berhak menerima daging hewan kurban itu.

"Kita sampaikan ke mereka RT ini dapat sekian kantong, dan pihak RT akan datang ke masjid untuk mengambil jumlah sesuai bagian RT itu, nanti baru di kasih ke warganya. Jadi tidak ada proses di masing-masing penerima di masjid. Terakhir catatan kami ada 30 RT," ujarnya.

Sementara itu, terkait hewan kurban  yang sudah ada di Masjid Agung Al-Barkah, saat ini berjumlah delapan ekor., yakni empat ekor diantaranya jenis sapi dan empat ekor lainnya kambing.

Dari hewan kurban yang diterima oleh Masjid Agung Al-Barkah ini satu diantaranya merupakan sumbangan langsung Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

"Untuk sementara dari unsur pimpinan daerah itu ada satu ekor sapi. Itu punya pak Plt Wali Kota. Kalo untuk bobot pengiriman baru hari ini, jadi belum sampai ke Masjid," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved