Simak! Ini Tiga Lapangan di Kota Bogor yang Jadi Lokasi Salat Iduladha 1443 Hijriah

Sebanyak tiga lapangan di wilayah Kota Bogor disiapkan untuk menjadi lokasi kegiatan Iduladha 1443 Hijriah yang akan digelar pada 9-10 Juli 2022.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Junianto Hamonangan
wartakotalive.com, Cahya Nugraha
Pemerintah Kota (Pemerintah) Kota Bogor memastikan penyelenggaraan Salat Idul Adha tingkat kota akan dilangsungkan pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, KH. Tb. Muhidin usai rapat persiapan Hari Raya Idul Adha bersama Forkopimda di Balai Kota Bogor, Kamis (7/7/2022). 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Cahya Nugraha

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR- Pemerintah Kota (Pemerintah) Kota Bogor memastikan penyelenggaraan Salat Idul Adha tingkat kota akan dilangsungkan pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang. Forkopimda Kota Bogor, akan melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Raya, Jalan Raya Pajajaran.

Sementara ada dua lapangan lainnya yang akan digunakan untuk Salat Ied. Yakni di Lapangan Heulang dan Lapangan Kresna.

Sementara Lapangan Sempur akan digunakan Salat Ied jamaah Muhammadiyah yang merayakan Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Sementara se-Kota Bogor, ada total 24 masjid yang melaksanakan Salat Ied pada Sabtu, 9 Juli 2022 dan ada 707 lokasi masjid yang akan menyelenggarakan Salat Ied pada, Minggu, 10 Juli 2022.

Baca juga: Polda Metro Imbau Masyarakat Tidak Takbir Keliling Lebaran Idul Adha demi Cegah Penyebaran Covid-19

"Untuk perayaan Idul Adha, Pemkot Bogor akan melaksanakan hari raya Idul Adha pada hari minggu di Masjid Raya Bogor. Keputusan resmi yang ditetapkan MUI Kota Bogor dan diamini Forkopimda Kota Bogor, Insya Allah kita akan merayakan hari yang mulia," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, KH. Tb. Muhidin.

Di tempat yang sama, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menambahkan, anggotanya juga siap sedia dalam mengamankan pelaksanaan Salat Idul Adha di dua hari tersebut, di semua tempat.

"Baik yang dilaksanakan pada Sabtu atau Minggu semua tempat kami akan memberikan pengamanan. Pada saat pelaksanaan salat, ataupun saat kendaraan parkir. Sehingga tidak ada masalah kami bersama unsur Kodim akan memberikan pengamanan maksimal kepada para jamaah," tambah Susatyo.

Selain menentukan lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha beserta pengamanannya, rapat yang dipimpin Plh. Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim juga memastikan ratusan masjid di enam kecamatan yang melangsungkan Salat Ied bisa berlangsung dengan khidmat.

Baca juga: Menjelang Idul Adha, Plh Wali Kota Bogor Dedie A Rachim Minta Masyarakat Tidak Khawatir Wabah PMK

"Titik - titik masjid tersebar kita bahas dan kita koordinasikan, rata - rata persiapannya cukup solid. Pelaksanaan di lapangan juga kita koordinasikan dengan Forkopimda, agar dalam pelaksanaan peribadatan semua masyarakat merasakan keamanan dan kenyamanan," kata Dedie.

Dedie juga mengungkapkan, dirinya secara pribadi akan melangsungkan Salat Idul Adha di Masjid Raya bersama jajaran Forkopimda. Sekaligus dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban secara resmi di Masjid Raya.

Menjelang Hari Raya Idul Adha ini pula, Dedie juga memastikan Kota Bogor sedang berada di Level I penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Setelah sebelumnya, pemerintah pusat menetapkan Jabodetabek pada Level II.

"Kami menduga memang ada beberapa pertimbangan, termasuk juga data-data di lapangan ada peningkatan kasus, tapi juga kalau dilihat secara detail kesembuhan dari virus Covid-19 ini lebih cepat sekarang. Yang kedua juga mungkin ada pertimbangan pemulihan ekonomi. Apalagi kita juga hadapi Idul Adha. Jadi apa yang ditetapkan, patut kita syukuri bersama," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved