KTT G20

Luhut Perintahkan TNI-Polri Atur Protokoler Keamanan Khusus untuk Empat Kepala Negara Ini di KTT G20

Karena, kata Luhut, pengamanan bagi kepala negara dari berbagai negara pasti jadi hal krusial.

Penulis: Yaspen Martinus | Editor: Yaspen Martinus
Biro Pers Setpres
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan TNI–Polri selalu berkoordinasi, terkait pengamanana KTT G20 tahun ini. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan TNI–Polri selalu berkoordinasi, terkait pengamanana KTT G20 tahun ini.

Karena, kata Luhut, pengamanan bagi kepala negara dari berbagai negara pasti jadi hal krusial.

“Akan banyak kepala negara yang hadir, saya minta TNI–Polri untuk koordinasi aktif."

Baca juga: Waketum Partai Gerindra: Mau Berapa Persen Pun Presidential Threshold, Kami Siap

"Paling utama, perhatikan baik protokoler dan keamanan untuk negara seperti Amerika, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Uni Emirates Arab (UEA), hingga Rusia."

"Semua ini pengaturannya harus jelas,” pinta Luhut.

Kesiapan infrastruktur dan logistik selain untuk Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai juga telah disiapkan di berbagai tempat.

Baca juga: Pakai Keppres, Hukuman Mati Bisa Diubah Jadi Penjara Seumur Hidup Bila Berbuat Baik Selama 10 Tahun

Beberapa di antaranya, mengenai akomodasi transportasi bagi delegasi, kemudian dalam hal komunikasi, jalan raya, jaringan listrik hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan mengenai kesiapan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Luhut juga mengingatkan soal tata kelola sampah di beberapa Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce, Reuse, Recycle ( TPST 3R), agar semua sampahnya bisa diproses baik dan juga dibersihkan.

“Ini juga jadi salah satu komponen kesiapan kita untuk Presidensi G20 Indonesia."

"Seluruh TPST 3R di Bali yang dikerjakan oleh PUPR dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bisa menyelesaikan manajemen pengelolaan sampah ini sebelum November,” paparnya.

Minta Persiapan G20 Kelar pada Minggu Ketiga Atau Keempat Oktober 2022

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta kesiapan G20 selesai pada minggu ketiga atau keempat Oktober 2022.

Permintaan itu ia sampaikan saat kembali meninjau lokasi acara Presidensi G20 Indonesia yang bakal digelar pada November mendatang,

Ketua Bidang Penyelenggara Acara Presidensi G20 Indonesia itu melihat kesiapan dari Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai yang telah direvitalisasi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved