KRL

Kabar Gembira, Kemenhub akan Perpendek Waktu Tunggu KRL Hingga Tiga Menit di Stasiun Manggarai

Kemenhub menebar kabar gembira bagi penumpang KRL yang biasa menunggu di Stasiun Manggarai, yakni headway (waktu tunggu) yang diperpendek.

Editor: Valentino Verry
Kompas.com/Fika Nurul Ulya
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan pihaknya tengah berupaya memangkas waktu tunggu (headway) KRL di Stasiun Manggarai, agar jumlah penumpang meningkat drastis. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya meningkatkan kualitas layanan transportasi, khususnya di kereta rel listrik (KRL).

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, pengembangan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral, mampu membuat headway (waktu tunggu) antar KRL menjadi tiga menit.

Selain itu, seiring dengan headway yang lebih pendek yaitu tiga menit, maka akan meningkatkan daya angkut KRL menjadi dua juta orang per hari.

Baca juga: Ariza: Masyarakat Jika Lihat Ada Aksi Pelecehan Seksual Harus Berani Bantu Korban!

“Target kita headway tiga menit dengan total penumpang yang akan melakukan perjalanan mencapai dua juta orang,” ucap Zulfikri, Jumat (8/7/2022).

Meski begitu, target tersebut dilakukan secara bertahap melalui metode switch over (SO).

Pada November 2022 mendatang, Kemenhub akan kembali melaksanakan SO ke-6.

“November nanti, akan ada SO 6 dan ini diharapkan dapat mengurangi headway antar kereta menjadi lima menit. Kemudian nanti ada SO 7 lalu terakhir ultimate pada 2025 nanti,” ucap Zulfikri.

Headway antar kereta saat ini, lanjut Zulfikri, sekitar enam sampai delapan menit, dan dengan SO 6 ini akan berkurang menjadi lima menit.

Menurut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo, saat ini kendala membuat headway antar kereta lebih sedikit karena persinyalan yang belum memadai.

“Kami inginnya headway sependek mungkin, tapi dengan persinyalan saat ini belum memungkinkan,” ucap Didiek.

Sebelumnya sempat viral di medsos kaca jendela KRL Commuter Line Manggarai-Angke mengalami pecah karena dilempar batu, Rabu (6/7/2022) pagi.

Beruntung tak ada korban akibat peristiwa tersebut. 

Baca juga: Kemenag Cabut Izin Pesantren Jombang Usai Anak Kyai Jadi Tersangka Pencabulan

Dalam akun Instagram @jktinfo, video akun tersebut tak menyebutkan penumpang yang menjadi korban.

"Rabu (6/7), terjadi pelemparan batu pada KRL KA D1/12437 (Manggarai-Angke), pada pagi hari tadi," tulis akun Instagram @jktinfo.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved