Pemprov DKI Jakarta Sampaikan Tiga Raperda Saat Rapat Paripurna DPRD DKI

Pemprov DKI Jakarta menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) saat Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta.

PPID DKI Jakarta
Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Leonardus Wical Zelena Arga 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) saat Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (5/7/2022).

Terdapat tiga Raperda yang disampaikan, di antaranya:

1. Pengelolaan Keuangan Daerah
2. Rencana Induk Transportasi
3. Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan Raperda tersebut kepada pimpinan DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

"Pengelolaan Keuangan Daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan urusan pemerintahan," ujar Riza.

Dalam keterangannya, Selasa (5/7/2022), Riza mengatakan, hal tersebut guna menata kegiatan Pengelolaan Keuangan Daerah yang lebih baik.

Pengelolaan tersebut ditulis dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Lalu disusul dengan penetapan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Sebagaimana diamanatkan Pasal 3A Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020, bahwa Peraturan Daerah yang mengatur mengenai Pengelolaan Keuangan Daerah ditetapkan paling lama tahun 2022. Maka dengan ini kami mengajukan rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang juga akan menggantikan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah," ujar Riza.

Riza mengatakan, adanya Raperda tersebut diharapkan mampu menciptakan sistem p
Pengelolaan Keuangan Daerah yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentu, hal tersebut dilakukan dengan tetap menaati peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

"Juga dengan meninjau sistem tersebut secara terus menerus dengan tujuan mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, dan transparan," ujar Riza.

Lebih lanjut Riza menyampaikan, penjelasan tentang Raperda Rencana Induk Transportasi dan Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved