Literasi

Perpusnas Kukuhkan Kustini Sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sleman, Ini Tujuannya

Syarif Bando mengapresiasi semangat Bunda Literasi Kabupaten Sleman untuk menjadi role model dalam merangsang kegemaran membaca di Kabupaten Sleman.

Istimewa
Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengukuhkan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sleman, Senin (4/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mengukuhkan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sleman.

Pengukuhan tersebut, dalam rangkaian kegiatan talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) Kabupaten Sleman, pada Senin (4/7/2022).

Kustini mengatakan, amanah yang diterimanya menjadi motivasi dan semangat dalam meningkatkan literasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sleman.

Kabupaten Sleman adalah Kota Pelajar, karena memiliki mahasiswa sekitar 300 ribu orang dari sekitar 60 perguruan tinggi.

Baca juga: Syarif Bando: Jadikan Perpustakaan Sebagai Ruang Belajar Terbuka Bagi Masyarakat 

Baca juga: Manfaatkan Perpustakaan Sebagai Wahana Pembelajaran untuk Wujudkan Indonesia Maju

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan mampu meningkatkan literasi di Kabupaten Sleman, sekaligus mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pelaksanaan pelatihan di perpustakaan.

"Literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter," katanya. 

Menurutnya, sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman yakni 'Terwujudnya Sleman sebagai rumah bersama yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan, dan memiliki jiwa gotong royong'.

“Berdaya saing ialah masyarakat memiliki keunggulan kompetitif untuk menghadapi persaingan di masa datang. Sehingga kemampuan literasi yang baik menjadi salah satu modal menjadi masyarakat unggul," kata Kustini. 

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengapresiasi semangat Bunda Literasi Kabupaten Sleman untuk menjadi role model dalam merangsang kegemaran membaca di Kabupaten Sleman.

Baca juga: Ini Pentingnya Peran Perpustakaan Ciptakan SDM Unggul dan Berkualitas di Era Revolusi Industri 4.0

Menurutnya, sejatinya Bunda Literasi mengemban tugas penting untuk mempromosikan, serta meningkatkan kegemaran membaca di satuan keluarga, pendidikan, dan masyarakat demi membangun kepedulian terhadap perpustakaan.

Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

DIY dikenal sebagai kota yang memiliki sejuta warisan budaya peninggalan dari nenek moyang, sehingga dijuluki sebagai Kota Seni dan Budaya.

Selain itu, DIY penuh dengan warisan budaya yang intangible (nonfisik), contohnya batik, merupakan hasil kreativitas masyarakat yang wajib diperkenalkan kepada dunia luar.

“Literasi adalah kemampuan memproduksi dan literasi adalah percaturan global," kata Syarif Bando.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved