Komunitas

Sanggar Ratna Sari, Wakil Provinsi DKI Jakarta Dalam Ajang Pesta Kesenian Bali 2022

Untuk pertunjukan ini kami melibatkan jajaran seniman dari tingkat junior maupun senior.

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Ign Agung Nugroho
Warta Kota/Rendy Rutama
Sanggar Ratna Sari, Ciracas, Jakarta Timur, selepas tampil dalam acara Pesta Kesenian Bali 2022 di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Sabtu (2/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, DENPASAR - Sanggar Ratna Sari, Ciracas, Jakarta Timur, mewakili Provinsi DKI Jakarta, tampil dalam acara Pesta Kesenian Bali 2022 di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Sabtu  (2/7/2022) malam. 

Menurut Sagung Rai Niagarani yang karib disapa Bunda Amy, pelatih divisi tari Sanggar Ratna Sari,  pihaknya melibatkan 49 anggota dalam menampilkan kesenian budaya Betawi dalam gelaran ini. 

"Untuk pertunjukan ini kami melibatkan jajaran seniman dari tingkat junior maupun senior," kata Bunda Amy kepada Wartakotalive.com ditemui di lokasi acara. 

Baca juga: Prost Fest 2022 Bangkitkan Gairah Musik Indonesia, Libatkan Seniman dan Musisi Lokal Bali

Istri mendiang Entong Sukirman, salah satu seniman legenda Betawi ini mengatakan, dalam pertunjukan ini, mereka menampilkan tarian, musik, dan lawak.

Baca juga: Penjaga Budaya Betawi, Condet Jadi Tuan Rumah Sosialisasi Desa Kreatif Kemenparekraf

"Dari total 49 anggota, terbagi dari  34 penari ditambah 12 pemusik, 3 artis utama termasuk Haji  Mastur. Untuk  penari mulai dari usia 7 tahun sampai senior," katanya.

"Tarian yang dibawakan adalah hasil karya kami sendiri dari sanggar Ratnasari. Kami merasa bangga bisa membawakan dan menampilkan tarian karya sendiri di pesta kesenian bali tahun ini," tambahnya.

Bunda Amy mengaku tak menyangka event ini mendapat respon yang luar biasa. 

"Penonton nya ramai sekali. Saya merasa sangat bangga dan puas karna bisa tampil dan ditonton oleh orang banyak dan masyarakat Bali. Mereka terhibur, jadi saya sangat puas," katanya. 

Sanggar Ratna Sari, Ciracas, Jakarta Timur, saa tampil dalam acara Pesta Kesenian Bali 2022 di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Sabtu (2/7/2022) malam. 
Sanggar Ratna Sari, Ciracas, Jakarta Timur, saa tampil dalam acara Pesta Kesenian Bali 2022 di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Sabtu (2/7/2022) malam.  (Warta Kota/Rendy Rutama)

"Jadi diluar ekspektasi kami. ternyata responnya luar biasa," sambungnya. 

Ia menambahkan, dari awal persiapan pertunjukan, ia terus  memotivasi dan memberi semangat anggota untuk  tampil optimal.

"Alhamdulillah hasilnya optimal dan maksimal," kata Bunda Amy. 

Sagung RaiNiagarani yang karib disapa Bunda Amy, pelatih divisi tari Sanggar Ratna Sari. 
Sagung RaiNiagarani yang karib disapa Bunda Amy, pelatih divisi tari Sanggar Ratna Sari.  (Warta Kota/Rendy Rutama)

Dengan dihelatnya event ini, ia pun berharap agenda Pesta Kesenian Bali ini bisa terus berlangsung secara rutin.

"Ini merupakan satu cara untuk melestarikan kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia dengan konsep publikasi ke kanca nasional maupun internasional," kata Bunda Amy. (m37)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved