Usul Relawan Jokowi

Relawan Jokowi Usul Tito Karnavian Isi Posisi Menpan RB dan Hasto Hasto Kristiyanto Jabat Mendagri

Presiden Jokowi pun menunjuk Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Menpan RB ad interim.

Editor: Sigit Nugroho
TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM
Ketua Umum Relawan Jokowi Darmizal MS 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, pada Jumat (1/7/2022).

Presiden Jokowi pun menunjuk Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Menpan RB ad interim.

Lalu, muncul sejumlah nama-nama yang akan menjadi Menpan RB. 

Ketua Umum RèJO (Relawan Jokowi) Darmizal MS mengatakan bahwa posisi Menpan RB dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sangat penting.

Apalagi pasca disahkannya beberapa UU terkait ASN, UU Pemekaran Propinsi dan Persiapan menjelang Pilpres dan Pilkada serentak 2024.

Baca juga: PDIP Sediakan 5 Calon Pengganti Tjahjo Kumolo, Stafsus: Kita Tunggu Keputusan Presiden

Baca juga: Moeldoko Tegur Relawan Jokowi yang Sibuk Urusi Pilpres 2024, Minta Ikuti Arahan Jokowi: Ojo Kesusu!

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Mengingatkan Semangat Otonomi Merupakan Kemandirian Daerah Secara Finansial

Menurut Darmizal, hampir dapat dipastikan, akan ada reshuffle kabinet jilid III dalam waktu dekat ini.

Darmizal menyebut, sebagai kader utama PDIP, penting bagi Presiden Jokowi mewujudkan pemerintahan yang akuntabel, profesional, dan berstandar internasional.

"Dengan demikian, PDIP akan dikenang rakyat sebagai Partai pemenang pemilu yang juga mewariskan good governace yang baik," kata Darmizal kepada wartawan, Minggu (3/7/2022).

Oleh sebab itu, Darmizal menilai sosok yang paling tepat untuk posisi Menpan RB adalah Mendagri saat ini, yakni Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian.

BERITA VIDEO: Setelah 17 Tahun Pernikahan, Rumah Tangga AHY dan Annisa Pohan Diterpa Ujian Berat

"Tito memiliki kemampuan profesional untuk membenahi manajemen ASN dan Reformasi Birokrasi," ujar Darmizal.

Untuk menggantikan posisi Tito, menurut Darmizal, sangat tepat jika diduduki oleh Hasto Kristiyanto yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP.

Menurut Darmizal, Hasto berhasil mewujudkan good governance di dalam internal PDIP yang dibuktikan dengan perolehan sertifikat ISO untuk pengelolaan atau manajemen partai. 

"Keberhasilan itulah yang membuat Ibu Megawati mempercayakan Dr. Hasto memimpin menejerial PDIP selama 2 periode," jelas Darmizal.

Darmizal berpandangan, bahwa pikiran jernih disertai kompetensi Hasto yang trengginas tersebut, sangat dibutuhkan membantu Presiden Jokowi di Kemendagri 

"Hasto dapat mewujudkan good governance di Kemendagri," ucap Darmizal.

Tidak hanya itu, kolaborasi Tito di Menpan RB bersama Hasto di Kemendagri diyakini Darmizal sebagai duet maut pembantu Presiden Jokowi dalam mewujudkan good governance di dalam pemerintahan.

"Tito dan Hasto adalah duet maut yang bisa mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) bagi Presiden Jokowi," pungkas Darmizal.

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved