Tjahjo Kumolo Meninggal

Kisah Penggali Kubur Tahu Tjahjo Kumolo Lewar TV, Tak Sangka Bisa Ikut Memakamkan

Inilah kisah penggali kubur di TMP Kalibata mengaku mengetahui sosok Tjahjo Kumolo dari sejumlah media massa saja selama ini.

Penulis: Gilar Prayogo | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/ Miftahul Munir
Proses pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jumat (1/7/2022) sore. Tembakan salvo mengiringi pemakaman Tjahjo Kumolo. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Petugas penggali kubur Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, mengaku bangga bisa memberikan penghormatan terakhir kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

"Satu kebanggaan ya kami bisa menggali makam beliau. Terutama saya, untuk bisa kerja di sini juga sebuah kebanggaan," ucap salah satu petugas penggali kubur, Omat, Minggu (3/7/2022).

Dirinya mengaku mengetahui sosok Tjahjo Kumolo dari sejumlah media massa saja selama ini.

Namun hari ini, ia berkesempatan menggali tokoh nasional tersebut.

"Dulu cuman taunya kan bisa dibacalah buku-buku gitu kan, sekarang yang yah bisa langsung memakamkan itu. Cuma bisa lihat di televisi, sekarang bisa memakamkan itu aja. Suatu kebanggaan," terangnya.

Selain merasa bangga memakamkan mantan Menpan-RB, Omat menegaskan tak ada perbedaan dengan kuburan lainnya di TMP Kalibata, terkait prosesi penggalian makam Mantan Menpan-RB

Baca juga: Mendiang Tjahjo Kumolo Dimakamkan Berdampingan dengan Tokoh-tokoh Ternama

"Ya Alhamdulillah si gak ada, sama aja. cuma kami kendalanya ya itu saja. Emang dasaran atas tanahnya agak keras. Biasa kalau begitu kami pakai air," ungkap Omat.

Ia menjelaskan sempat terkendala soal tekstur tanah yang keras, mengingat penggalian dilakukan saat siang hari.

Kata Omat, informasi dan instruksi penggalian makam Tjahjo Kumolo dikabarkan sekitar pukul 12.00 WIB.

Hanya saja penggalian tanah baru dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah salat Jumat.

"Instruksi masuk, berita pemakaman itu sebelum jumatan, berarti sekitar jam 12.00 atau 12.30. Kami mulai menggali selesai Jumatan, jadi kami Jumatan dulu, baru setelahnya kita langsung menggali. Tendanya juga dibangun bareng dengan penggalian. Jadi kami menggali, yang lain pasang tenda," ujar Omat.

Petugas pemakaman Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Omat. Ia mengaku bangga diberi tugas untuk menjadi penggali kubur untuk mendiang Tjahjo Kumolo.
Petugas pemakaman Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Omat. Ia mengaku bangga diberi tugas untuk menjadi penggali kubur untuk mendiang Tjahjo Kumolo. (Tribunnews.com/ Fersianus Waku)

Baca juga: Soal Pengganti Almarhum Tjahjo Kumolo, Hidayat Nur Wahid: Itu Hak Prerogatif Jokowi, Jangan Ganggu

Selain itu, Omat menjelaskan bahwa penggalinya yang aktif menggali ada tujuh orang.

Namun, pengurukan menggunakan banyak orang, karena terdapat dua regu di TMP Kalibata.

Kemudian, Ia menjelaskan tokoh terkenal yang dimakamkan di blok ini, terdapat mantan Menteri Penerangan Harmoko, Mantan Gubernur DKI Jakarta Suryadi Sudirja.

"Banyak juga ada pak Cholid Ghozali mertuanya KASAD, pak Dudung. Banyak juga sih, pak Sudi Silalahi, Basri Arif, mantan Kejagung," katanya. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved