Tjahjo Kumolo Meninggal

Ganjar Sebut Tjahjo Kumolo Adalah Organisatoris Hebat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui bahwa Menpan RB Tjahjo Kumolo adalah organisatoris yang hebat.

Penulis: Gilar Prayogo | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Miftahul Munir
Proses pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jumat (1/7/2022) sore. Tembakan salvo mengiringi pemakaman Tjahjo Kumolo. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo adalah organisatoris yang hebat.

"Dia adalah organisastoris yang hebat. Terakhir ketemu saat Jokowi menikahkan adiknya, kami ngobrol satu meja dengan beberapa menteri," ucap Ganjar saat pemakaman Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Ia mengatakan di acara tersebut berkomunikasi sangat cair dengan Tjahjo Kumolo. Juga disertai sedikit guyonan.

Kala itu menurut Ganjar, Tjahjo Kumolo tampak sehat dan segar.

"Tahu-tahunya beliau di rumah sakit, ya kita berdoalah semoga beliau dosanya diampuni dan seluruh amal ibadah diterima Allah SWT," ujarnya.

Ganjar mengetahui kabar meninggalnya Tjahjo melalui pesan yang dikirim Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Baca juga: Sosok Tjahjo Kumolo Diungkap Hasto Kristiyanto, Sejak Kecil Suka Menyetrika Baju Sendiri

"Semua orang konfirmasi dan saat itu hampir seluruh orang yang punya nomor saya menyampaikan berita duka ke saya," ujarnya.

Dirinya mendapatkan pesan dari banyak orang yang ingin menyampaikan rasa dukanya kepada ke keluarga, partai, pemerintahan.

"Tapi mungkin karena punya nomor saya, ya titip salam kepada keluarganya. Kami ikut mendoakan dan berbela sungkawa," ungkapnya.

Ganjar berharap Tjahjo Kumolo khusnul khatimah.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menghadiri proses pemakaman jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) sore.

Baca juga: Makam Menpan RB Tjahjo Kumolo Berdekatan dengan Mendiang Mantan Gubernur DKI Jakarta Suryadi Sudirja

Johnny yang turun dari mobilnya langsung menghampiri awak media yang sedang meliput proses pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo.

Ia mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga Tjahjo. "Sebagai rekan kerja di kabinet kami mengucapkan turut berduka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya Mas Tjahjo Kumolo," ujarnya.

Johnny menilai sosok Tjahjo Kumolo adalah menteri yang mudah akrab dengan siapa pun termasuk dirinya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved