Berita Jakarta

Anies Baswedan Berharap Adanya Gapura Glodok akan Menghidupkan Kawasan Kota Tua

Anies Baswedan mengatakan, khusus yang di Jakarta, Gapura Glodok Pancoran menggunakan warna beton.

Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga
Gapura glodok baru saja diresmikan Gubernur Anies Baswedan, Kamis (30/6/2022) 

Peresmian Gapura Glodok Pancoran, Anies Pastikan Akan Menjadi Ikon Keberagaman di Jakarta

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan, Gapura Glodok Pancoran tentu akan menjadi salah satu ikon keberagaman di Jakarta.

Hal tersebut ia sampaikan usai meresmikan Gapura Glodok Pecinan, di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022).

"Dan pastinya ikon ini akan menjadi pembeda, karena gapura-gapura Chinatown di seluruh dunia didominasi warna merah dan kuning," ujar Anies.

Lebih lanjut Anies Baswedan mengatakan, khusus yang di Jakarta, Gapura Glodok Pancoran menggunakan warna beton.

Anies menginformasikan, peresmian Gapura Glodok Pancoran untuk menghidupkan kembali kota tua sebagai salah satu tempat yang penuh dengan cerita sejarah.

Baca juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Pastikan Gapura Glodok Pancoran Jadi Ikon Keberagaman di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berpose bersama sejumlah tokoh Tionghoa usai meresmikan Gapura Glodok Pecinan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berpose bersama sejumlah tokoh Tionghoa usai meresmikan Gapura Glodok Pecinan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022). (Wartakotalive.com/Leon Wical ZA)

"Kota tua artinya kota yang penuh dengan cerita sejarah. Kita ingin bersama-sama membangun kawasan ini sebagai tempat di mana kita merasakan bagaimana perjalanan waktu dikonversi menjadi sebuah tempat," ujar Anies.

Anies mengatakan, setiap bangunan yang berada di kota tua memiliki catatan panjang sejarahnya masing-masing. 

Ia memastikan, secara bertahap akan melakukan peremajaan dengan menggandeng berbagai komunitas untuk saling bekerjasama.

Gapura Glodok Pancoran merupakan awal revitalisasi di daerah kota tua. Anies memastikan untuk area dalamnya, juga akan dilakukan peremajaan secara bertahap.

Diketahui, Gapura Glodok Pancoran sempat diruntuhkan pada era pendudukan Jepang pada abad ke-18.

Anies Baswedan menginformasikan, pada tahun 1938 gapura tersebut sempat direnovasi, lalu diruntuhkan kembali beberapa tahun kemudian.

"Kita ingin Jakarta bisa menghargai warisan budaya yang ada di kota ini," ujar Anies.

Anies mengatakan, Jakarta merupakan kota global, di mana warga penduduknya berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved