Berita Bogor

Kepala Desa dan Lurah Dukung Wujudkan Desa Bersih Narkoba di Kabupaten Bogor

Para kepala desa dan lurah di Kabupaten Bogor mendukung upaya pemberantasan narkoba di Bumi Tegar Beriman.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Ign Agung Nugroho
Warta Kota/Hironimus Rama
Pemkab Bogor dan BNN menggelar Deklarasi Kelurahan dan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Para kepala desa dan lurah di Kabupaten Bogor mendukung upaya pemberantasan narkoba di Bumi Tegar Beriman.

Hal itu diungkapkan beberapa kepala desa dan lurah  usai acara Deklarasi Kelurahan dan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/6/2022).

Kepala Desa Tarikolot Kecamatan Citeureup, Wawan Kurniawan mengatakan, Desa Tarikolot senantiasa mendukung program Desa Bersih Narkoba yang dicanangkan oleh BNN Kabupaten Bogor, Provinsi dan Pusat.

Baca juga: Targetkan Raih Predikat Kabupaten Layak Anak, Ini Langkah Pemkab Bogor

Baca juga: Kementerian PPA Gelar Verifikasi Lapangan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bogor

“Alhamdulilah, tadi kami juga mendapatkan penghargaan dari BNN Kabupaten Bogor," kata Wawan.

Dia menambahkan, penghargaan ini menjadi cambuk dan memotivasi warga desa untuk bekerja lebih baik lagi agar Kabupaten Bogor khususnya Desa Tarikolot bisa benar-benar bebas Narkoba.

"Kami aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pemuda sebagai agen perubahan yang bisa mewujudkan masyarakat dan Desa Bersinar," ujarnya. 

Senada, Lurah Harapan Jaya Kecamatan Cibinong, Sudarmika mengatakan, deklarasi hari diimplementasi melalui aksi nyata di lapangan.

Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan penghargaan kepada 30 desa dan kelurahan yang telah lebih dulu menyelenggarakan Desa/Kelurahan Bersinar di tahun 2021 dan 2022 di Cibinong, Kamis (30/6/2022).
Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan penghargaan kepada 30 desa dan kelurahan yang telah lebih dulu menyelenggarakan Desa/Kelurahan Bersinar di tahun 2021 dan 2022 di Cibinong, Kamis (30/6/2022). (Warta Kota/Hironimus Rama)

"Aksi nyata akan membuat program Kelurahan Bersinar ini bisa menyentuh dan outputnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya.

Sudarmika mengajak seluruh RT, RW, dan anggota kemasyarakatan lainnya untuk masif melakukan sosialisasi program Kelurahan Bersinar ini

"Kami akan melakukan pembinaan bersifat keolahragaan dan rohani agar bisa terhindar dari Narkoba,” paparnya.

Baca juga: Jaga Kelestarian Wilayah Hulu Waduk Cibeet, Pemkab Bogor Kembangkan Wisata Curug

Sementara Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menegaskan bahwa Kkomitmen Pemerintah Kabupaten Bogor mengenai Bersih Narkoba ini tidak hanya didukung dari sisi regulasi dan kebijakan saja.

Aksi nyata telah dilakukan oleh Pemkab Bogor untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba sejak dini.

"Kita melakukan kegiatan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Goes to School sejak 2020 lalu. Salah satu materi atau sosialiasi yang disampaikan yaitu mengenai bahaya dan pencegahan peredaran Narkoba," kata Iwan.

Dia meminta agar Bakesbangpol bisa kolaborasi menyosialisasikan bahaya Narkoba ini agar lebih masif sehingga masyarakat teredukasi dengan baik.

“Roadshow melalui kegiatan Forkopimda Goes to School akan rutin dilakukan untuk sosialisasi tentang bahaya Narkoba ini," kata Iwan. (ron)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved