Eden Sekeluarga Andalkan Program JKN-KIS untuk Berobat

Semua anggota keluarga Eden terdaftar Program JKN-KIS. Eden dan keluarga selalu andalkan Program JKN-KIS karena biaya pengobatan tidak murah.

https://www.jamkesnews.com/
Eden (30) warga Sampora Cibinong Kabupaten Bogor yang juga seorang karyawan perusahaan swasta merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Eden dan keluarga andalkan Program JKN-KIS untuk berobat. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Menjadi putra yang diharapkan keluarga, Eden (30) warga Sampora Cibinong Kabupaten Bogor yang juga seorang karyawan perusahaan swasta merupakan seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Memiliki keluarga yang mengandalkan JKN-KIS untuk berobat membuatnya bersyukur telah terdaftar gratis pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN.

Eden menceritakan pengalaman Umar yakni ayahnya di tahun 2021 yang menjalani operasi kaki di RSUD Cibinong.

Ia bersyukur walaupun terdaftar yang gratis dari pemerintah namun ayahnya tetap dapat pelayanan kesehatan berupa tindakan operasi yang diketahui biayanya tidak sedikit dan ditanggung penuh oleh JKN-KIS.

Prosedur yang berjenjang tidak memberatkan Eden saat mengurus administrasi ayahanda. Rujukan operasi ke RSUD untuk ayahnya didapatkan dari Klinik Kanesha Medika yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal.

“Sekeluarga terdaftar BPJS Kesehatan, jadi kalau berobat selalu andalkan Program JKN-KIS karena biaya pengobatan tidak murah," ungkap Eden beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pelayanan BPJS Kesehatan sudah lebih baik, bahkan Eden sampai bertanya berkali-kali ke petugas untuk memastikan bahwa tidak ada biaya sedikitpun yang dikeluarkan oleh Eden ketika sang ayah hendak keluar dari rumah sakit pasca operasi sang ayah.

"Saya sampai tanya dua kali ke petugas karena tidak yakin kalau ayah saya dapat keluar rumah sakit tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Sampai ayah saya mendapatkan pelayanan operasi karena semua berdasarkan indikasi medis dan mengikuti sesuai prosedur. Alhamdulillah sekarang rangkaian pengobatan seperti kontrol pun sudah selesai tanpa biaya sedikit pun,” ujar Eden.

Diri Eden pribadi pun sebelumnya tidak mengetahui kalau sudah terdaftar Program JKN-KIS. Ia pun mengunduh dan mendaftar aplikasi Mobile JKN untuk mengecek status kepesertaannya sampai berhasil login dengan Nomor Identitas Kependudukan (NIK).

Melalui aplikasi Mobile JKN ia dapat mengetahui sekaligus melakukan perubahan data dirinya dan keluarga. Menurutnya aplikasi Mobile JKN menawarkan banyak kemudahan terlebih lagi bagi masyarakat awam seperti dirinya.

“Saya kalau sakit selama ini pakai obat di warung karena Alhamdulillah gak pernah sakit parah yang membutuhkan pengobatan rawat inap," ucapnya.

Eden mengatakan, bahwa aplikasi Mobile JKN begitu memudahkan peserta dan efektif karena banyak informasi di dalamnya.

Saya pun jadi punya kartu KIS digital yang bisa digunakan tanpa harus membawa kartu fisik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sejalan dengan adanya peningkatan mutu layanan, Alhamdulillah pengalaman berobat saya dan keluarga selama ini baik dengan jaminan Program JKN-KIS,” pungkas Eden. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved