Advertorial

Tidak Perlu Antre di Kantor Cabang, Rachmat Melakukan Perubahan Fakes Terdaftar Melalui Mobile JKN

Kemudahan layanan menggunakan aplikasi Mobile JKN dibuktikan oleh salah satu peserta Program JKN-KIS asal Cirebon M Rachmat Sugiharto (16)

Editor: Lucky Oktaviano
Istimewa
Salah satu peserta Program JKN-KIS asal Cirebon M Rachmat Sugiharto (16) yang sudah lama berdomisili di Bojong Gede Kabupaten Bogor membuktikan sendiri kemudahan layanan menggunakan aplikasi Mobile JKN. 

WARTAKOTALIVe.COM, CIBINONG -- Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama ini sejalan dengan upaya peningkatan mutu layanan.

Memasuki era digital, BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara program pemerintah tersebut tidak mau ketinggalan memanfaatkan sarana digital dalam menunjang pelayanan.

Salah satunya dihadirkan aplikasi Mobile JKN pada smartphone agar masyarakat dapat terbantu dengan memanfaatkan fitur yang tersedia.

Kemudahan layanan menggunakan aplikasi Mobile JKN dibuktikan oleh salah satu peserta Program JKN-KIS asal Cirebon M Rachmat Sugiharto (16) yang sudah lama berdomisili di Bojong Gede Kabupaten Bogor.

Baca juga: Sadar Pentingnya Memiliki Jaminan Kesehatan, Sherly Imbau untuk Daftar JKN-KIS Sebelum Sakit

Terdaftar sebagai anak pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), ia baru memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk perubahan data fasilitas Kesehatan ia dan keluarga yang sebelumnya masih terdaftar di Cirebon.

Dibantu tim Jamkesnews ia melakukan regristasi data dirinya untuk penggunaan aplikasi Mobile JKN.

“Alhamdulillah saya dan keluarga tidak pernah sakit sampai harus dilarikan ke rumah sakit mau pun ke puskesmas. Sebenarnya sudah lama ingin coba akses aplikasi Mobile JKN karena informasinya kita dapat melakukan perubahan data secara mandiri. Menurut saya ini sangat efisien dan memudahkan peserta karena cukup melalui smartphone dan pastinya verifikasi data yang baik sehingga data bisa diubah tanpa perlu ke kantor untuk mendapatkan layanan administrasi,” ujar Rachmat, Kamis (24/3/2022)

Selain bermaksud ingin merubahkan data fasilitas kesehatan terdekat domisilinya di Bojong Gede melalui aplikasi Mobile JKN, ia juga memanfaatkan fitur lainnya pada aplikasi.

Baca juga: Terstimoni Fadhlan: Pelayanan Faskes Rasa Bintang Lima, Terima Kasih JKN-KIS

Kartu KIS yang selama ini ia dan keluarga belum pernah dapatkan sekarang ia bisa dapatkan secara digital.

Artikel yang terdapat dalam aplikasi Mobile JKN pun menurutnya sangat menarik dan informatif, selain itu ia juga melakukan skrinning kesehatan untuk mengetahui risiko penyakit dari beberapa pertanyaan yang ia jawab.

“Solusi digital ini sangat tepat apa lagi di masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan masyarakat membatasi aktivitas di tempat ramai," kata Rachmat.

Peserta Program JKN-KIS yang biasanya mengurus kepesertaan dengan datang antre ke kantor cabang saat ini dipermudah dengan adanya beberapa kanal layanan non tatap muka. Salah satunya seperti yang saya lakukan dengan aplikasi Mobile JKN, tampilan aplikasi yang sederhana dengan fitur mudah dimengerti seharusnya banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN,” tutup Rachmat. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved