Pelajar Penderita Asma Ini Bersyukur Telah Terbantu Adanya Program JKN-KIS

Adanya program JKN-KIS meringankan biaya pengobatan asma yang diderita Sifa sejak kecil.

https://www.jamkesnews.com/
Pelajar yang menderita asma ini bersyukur telah terbantu adanya program JKN-KIS. 

WARTAKOTALIVE.COM, CBINONG - Adanya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dihadirkan pemerintah untuk masyarakat membuat rasa aman, karena menjadi solusi mengatasi biaya pengobatan.

Banyak peserta Program JKN-KIS yang memiliki pengalaman positif dalam menggunakan pelayanan, salah satunya Sifa (16) pelajar warga asal Kampung Sawah Bojong Gede yang menderita penyakit asma sejak kecil dan kerap kali kambuh hingga saat ini.

“Dari kecil kalau kecapekan pasti asma kambuh dari mulai sesak, batuk-batuk dan sulit bernapas makanya sampai sekarang untuk antisipasi masih menyiapkan inhealer dan obat-obatan jika sewaktu-waktu kambuh,” ujar Sifa beberapa waktu lalu.

Sifa mengaku, dirinya juga pernah mendapatkan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Bina Husada Cibinong karena asma kambuh.

“Orang tua yang mengurus administrasi saya di rumah sakit tidak mendapati kesulitan hanya dengan menunjukkan KIS dan identitas,” ungkapnya.

Asma tergolong penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan, Sifa menyadari hal tersebut yang mengharuskan ia lebih ekstra dalam menjaga kesehatan dengan pola hidup seimbang.

Selain itu, memastikan jaminan kesehatan dari Program JKN-KIS agar selalu aktif juga menjadi salah satu bagian ikhtiar Sifa dan keluarga, pengalamannya saat sakit membuat ia menyadari pentingnya memiliki jaminan kesehatan.

“Saya berobat ke Klinik Citama Bojong Gede lalu mendapat rujukan ke Rumah Sakit Bina Husada Cibinong karena penyakit asma yang saya derita,” ungkap Sifa.

Sifa menambahkan, saat itu belum memiliki jaminan kesehatan namun dijadwalkan untuk rutin checkup dan konsumsi obat, hal tersebut memberatkan orang tua nya untuk membiayai pengobatan.

“Sejak saat itu kami mulai menyadari pentingnya mempersiapkan jaminan kesehatan sedini mungkin sebelum sakit,” tambah Sifa.

Sedia payung sebelum hujan, sedia jaminan kesehatan sebelum sakit, hal tersebut dipahami Sifa dan keluarga.

Rutin membayar iuran namun tidak pernah menggunakan pelayanan kesehatan bukan suatu kerugian, karena iuran yang terbayarkan dapat digunakan untuk peserta lainnya yang sedang sakit.

Justru sebaliknya, tetap sehat menjadi hal yang terpenting terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini. Kehadiran Program JKN-KIS sangat disyukuri Sifa, karena telah meringankan biaya pengobatannya selama ini.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved