Breaking News:

Komunitas

Perpusnas Press Dorong Terbangunnya Ekosistem Penulis di Yogyakarta

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mendekatkan dan mengenalkan tentang Perpusnas Press ke masyarakat.

Istimewa
Guna membangun ekosistem penulis di Yogyakarta, Perpusnas Press menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema 'Tulis, Terbit, Sebarkan', di Yogyakarta, Kamis (23/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menapaki usia ketiga, penerbit Perpusnas Press mengajak para penulis, pustakawan, pegiat literasi, mahasiswa dan masyarakat umum di Yogyakarta untuk menuangkan gagasan dan pemikiran positifnya dalam bentuk buku.

Karya-karya tersebut, nantinya akan diterbitkan oleh penerbit Perpustakaan Nasional RI, Perpusnas Press, yang kemudian disebarluaskan ke masyarakat sebagai bagian dari upaya penguatan literasi.

Hal ini disampaikan Pemimpin Redaksi Perpusnas Press, Edi Wiyono, dalam kegiatan sosialisasi dengan tema 'Tulis, Terbit, Sebarkan', di Yogyakarta, Kamis (23/6/2022). 

Baca juga: Pelukis Betawi Sarnadi Adam Gelar Pameran di Hotel Grand Cempaka Business

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mendekatkan dan mengenalkan tentang Perpusnas Press ke masyarakat, " kata Edi Wiyono dalam siaran persnya. 

"Hal ini sebagai upaya untuk menjaring penulis-penulis daerah, khususnya Yogyakarta. Karena sesungguhnya kemampuan menulis seseorang yang dapat dikonversikan menjadi buku adalah bagian terpenting dari literasi,” ujarnya.

Keberadaan Perpusnas Press diharapkan dapat mendorong terbangunnya ekosistem penulis di daerah dengan melahirkan para penulis untuk menghadirkan bahan bacaan.

Buku sebagai sebuah karya, membutuhkan proses atau siklus yang saling berhubungan.

“Setelah membaca proses berikutnya adalah mengkritisi informasi dan pengetahuan yang tersaji, kemudian menuangkan kembali dalam gagasan-gagasan baru dalam bentuk tulisan," kata Edi Wiyono.

"Dari tulisan inilah dikonversikan menjadi buku untuk kemudian diterbitkan dan disebarluaskan ke masyarakat," tambahnya. 

Baca juga: Literasi Digital: Tak Hanya Sekedar Membaca, Tapi Harus Ciptakan Sesuatu

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Monika Nur Lastiyaninmenjelaskan, perpustakaan memiliki peran dalam mendukung terciptanya ekosistem kepenulisan di Yogyakarta.

Berbagai langkah dan kegiatan telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip dengan berbagai peran yang telah dilakukan, seperti kegiatan-kegiatan bimtek penulisan, bedah buku di desa-desa.

"Dengan dampak yang dirasakan tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya baca untuk peningkatan kualitas hidup," katanya. 

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri 50 orang peserta yang berasal dari Dinas Perpustakaan, Forum TBM, Ikatan Pustakawan Indonesia, Atupsi, GPMB, mahasiswa, penerbit, media, dan komunitas pegiat literasi. (ign)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved