HUT Jakarta

Pameran Cerita Jakarta di Gedung Sarinah Dibuka Hari Ini, Hadirkan Aneka Produk UMKM Khas Betawi

Pameran ini mengangkat nilai-nilai budaya dan sejarah Kota Jakarta yang dikemas dalam sebuah pameran UMKM.

Dok. Sarinah Indonesia
Pameran Cerita Jakarta berlangsung di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai 22 - 26 Juni 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Sebagai rangkaian acara HUT ke-495 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menggelar Pameran Cerita Jakarta di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, mulai hari ini, Rabu  (22/62022).

Pameran tersebut merupakan kolaborasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta maupun Sarinah dan PT Bank DKI.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, pameran ini mengangkat nilai-nilai budaya dan sejarah Kota Jakarta yang dikemas dalam sebuah pameran UMKM.

Baca juga: Antusias Pengunjung Datangi Museum Betawi di HUT ke-495 Jakarta

Baca juga: Mengunjungi Museum Wayang, Cara Tepat Generasi Muda Peringati HUT ke-495 Jakarta

“Para UMKM binaan Jakpreneur dapat mempromosikan dan memasarkan produknya, membuka jejaring bisnis dan learning by doing dengan mengedepankan unsur budaya Betawi,” kata Ratu, melalui siaran persnya, Rabu (22/6/2022).

Nantinya dalam Pameran Cerita Jakarta, suatu rangkaian acara berkolaborasi dengan UMKM yang memiliki produk-produk khas Betawi, baik fesyen, kriya dan kuliner.

“Mulai dari pertunjukan pembuatan jajanan khas Betawi, musik dan tarian Betawi, peragaan busana, dan kegiatan lain melibatkan berbagai komunitas di DKI Jakarta,” kata Ratu.

Nantinya dalam proses pembayaran, semua tenant UMKM memiliki akun QRIS Jakpreneur.

Sehingga seluruh pembayaran pada acara tersebut dilakukan secara non-tunai (cashless).

“Melalui pameran ini, harapannya dapat menjadi salah satu upaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam rangka pemulihan perekonomian di masa pandemi Covid-19,” sambungnya.

Penggunaan QRIS Jakpreneur juga sebagai cara mengurangi kontak langsung antara pengunjung dan tenant agar meminimalisir penyebaran virus Covid-19 sekaligus memudahkan tenant dalam pencatatan omset.

“Kami berharap ini dapat menjadi langkah awal dari sebuah program besar untuk berkolaborasi dengan stakeholder lain yang ada di Jakarta mendukung pengembangan kewirausahaan,” ujar Ratu.

 untuk kegiatan bazar kuliner khas Betawi.

Sementara kegiatan Bazar Rubana Food, Fashion and Craft pada 22 Juni - 22 Juli 2022.

Rincian acaranya sebagai berikut:
-  Seremoni acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2022 secara offline.

- Bazar UMKM dilaksanakan pada tanggal 22 - 26 Juni 2022 secara offline dengan menampilkan 10 macam kuliner khusus jajanan Betawi.

- Fashion Show dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022 secara offline dengan melibatkan 10 pengrajin Jakpreneur Fashion Betawi.

- Seremoni acara penutupan Pameran Cerita Jakarta dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2022 secara offline dengan mengundang stakeholder terkait dan penampilan pertunjukan seni dan musik Betawi.

- Bazar Rubana Food, Fashion and Craft yang akan menjadi sebuah pusat oleh-oleh Jakarta dilaksanakan pada tanggal 22 Juni - 22 Juli yang menampilkan 25 produk binaan Jakpreneur. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved