Lifestyle

Pemilihan Baju Olahraga yang Tak Nyaman Bisa Bikin Cedera Waktu Gym

Banyak perempuan hanya karena ingin tampil menarik saat olahraga, memilih baju olahraga terlalu ketat dan tanpa memperhatikan ukuran.

Istimewa
Ilustrasi - Pemilihan pakaian gym yang tidak tepat membuat tak nyaman dan bisa menimbulkan cedera saat berolahraga. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Olaraga gym dalam beberapa tahun terakhir begitu digandrungi banyak orang, terutama kaum perempuan.

Alasannya sangat jelas, yakni bisa dilakukan secara indoor dan relatif mudah, sesuai dengan kebutuhan.

Tak heran kalau akhirnya kebutuhan akan baju olahraga untuk kegiatan gym kini banyak diburu.

Fenomena itu pun diamini Nicole, pemilik Askara Aktiv yang selama berkecimpung dalam bisnis baju olahraga.

Hanya saja, menurutnya banyak di antara mereka yang melakukan aktivitas nge-gym, sembrono dalam menentukan baju olahraga yang akan dipakainya. 

Bahkan, banyak perempuan hanya karena ingin tampil menarik saat olahraga, memilih baju olahraga yang terlalu ketat dan tanpa memperhatikan ukuran.

Baca juga: Kiper Persija Shahar Ginanjar Bagikan Tips Latihan Gym yang Benar kepada Pemain Muda Tim Oranye

"Padahal hal tersebut cukup berbahaya karena pakaian gym yang tidak tepat malah membuat kita tak nyaman dan bisa menimbulkan cedera saat berolahraga," kata Nicole dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Oleh karena itu, Nicole menyarankan pilihlah pakaian olahraga yang nyaman dan dengan ukuran pas. 

"Memang pemilihan baju olahraga yang tidak tepat bukan satu-satunya penyebab cidera saat melakukan olahraga gym, tapi ini menjadi salah satu penyebab cidera juga," katanya. 

Selain baju olahraga yang tepat, Nicole pun memberikan tips faktor lain yang bisa memicu cidera saat nge-gym.

Menurutnya, ada sejumlah hal lain yang patut jadi perhatian seperti berikut ini:

- Dalam olahraga gym, ada banyak sekali peralatan yang tersedia. Supaya terhindar dari cedera yang tak diinginkan, pilih peralatan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

- Banyak orang lupa melakukan pemanasan sebelum nge-gym, padahal hal ini bisa membantu melemaskan otot dan mencegah kemungkinan cedera. Untuk itulah lakukan pemanasan secara benar sesuai arahan pelatih.

-  Ingin bentuk tubuh ideal sehingga memaksakan diri berolahraga. Hal inilah penyebab utama tubuh kelelahan dan bisa membuat cedera waktu nge-gym.

-  Asupan minum yang benar dan sesuai anjuran dokter. Ini adalah salah satu hal lain yang menjadi pemicu kenapa ada orang yang tetap bugar dan segar usai olahraga, serta ada yang malah kelelahan, lemas dan berujung cedera. (ign)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved