Ibu Kota Pindah

Mahfud MD kepada Pj Kepala Daerah: Jangan Terprovokasi IKN Pindah Apa Enggak, Harus Jadi!

Dia menerangkan, pemerintah pusat akan pindah ke Ibu Kota Nusantara pada Juli 2024.

Editor: Yaspen Martinus
Tribunnews/Abdi Ryanda Shakti
Mendagri Tito Karnavian bersama Menko Polhukam Mahfud MD, menghadiri rapat koordinasi (rakor) bersama Penjabat (Pj) kepala daerah di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta penjabat (Pj) kepala daerah tidak terprovokasi soal jadi atau tidaknya ibu kota negara (IKN) pindah.

Hal ini dikatakan Mahfud saat memberikan pengarahan kepada para Pj kepala daerah, dalam rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

"Penyiapan IKN itu juga menjadi tugas saudara-saudara agar sesuai dengan rencana UU 19."

Baca juga: Anis Matta: Saya Salut Atas Nyalinya Zulkfili Hasan, Berani Menggenggam Bara Api

"Tidak boleh terprovokasi lagi, 'ini jadi apa enggak, ini dibatalkan apa enggak, harus jadi," tegas Mahfud dalam arahannya.

Dia menerangkan, pemerintah pusat akan pindah ke Ibu Kota Nusantara pada Juli 2024. Dia menyebut upacara Hari Kemerdekaan pada 2024 akan dipusatkan di IKN.

"2024 Bulan Juli atau Agustus, pemerintah akan mulai pindah ke sana, dan insyaallah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini. Jangan sampai terprovokasi," tuturnya.

Baca juga: KPU Ajak Mahasiswa Jadi KPPS Agar yang Biasa Mengkritisi Pemilu Tahu Situasi di Lapangan

Mahfud juga meminta masyarakat ikut dalam pembangunan. Menurutnya, masyarakat dapat membantu dalam antisipasi dan persiapan IKN.

"Kemudian supaya melibatkan masyarakat di dalam pembangunan."

"Masyarakat dapat berupa antisipasi, dalam proses persiapan pembangunan, pengelola IKN dalam bentuk konsultasi publik musyawarah dan sebagainya, dan penataan ruang Nusantara tetap mengacu pada tata ruang Pulau Kalimantan," bebernya. (Abdi Ryanda Shakti)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved