Hari Donor Darah Sedunia

Rustam Effendi Tersenyum Stok Darah PMI DKI Bertambah saat Hari Donor Darah Sedunia

Ketua PMI DKI Rustam Effendi akhirnya bisa tersenyum setelah mendapat pasokan 192 kantong darah di Hari Donor Darah Sedunia.

Wartakotalive.com/Lucky Oktaviano
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi menjelaskan stok darah di Jakarta selama masa pandemi Virus Corona yang menurun drastis, kondisi terkini mendapat pasokan saat Hari Donor Darah Sedunia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ratusan kantong darah berhasil dikumpulkan saat kegiatan “Ayo Donor Darah” yang dilaksanakan di Cibis Park, Jakarta Selatan, pada 9-10 Juni 2022 dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini berhasil melampaui target rata-rata pengumpulan kantong darah. Pasalnya dengan 250 calon pendonor yang terdaftar, ada 192 kantong darah yang terkumpul.

Baca juga: Sosok Muzzamil Hasballah Pelantun Adzan di Pemakaman Eril, Ternyata Punya Kesamaan Ini

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi pun memberikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pahlawan kemanusiaan yang berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut.

“Kegiatan ini sangat lah melengkapi kebutuhan harian kantong darah di Provinsi DKI Jakarta,” ungkap Rustam, Rabu (15/6/2022).
Pasalnya, kebutuhan kantong darah di DKI Jakarta sangat banyak dan terus bertambah.

Sementara situasi pandemi Covid-19 membuat kebutuhan kantong darah sulit terpenuhi.

Baca juga: Marshanda Semangat untuk Sembuh, Merasa Tetap Baik-baik Saja Meski Divonis Idap Tumor Payudara

“Untuk di DKI Jakarta, kami memerlukan 1.200 kantong darah setiap harinya, untuk kemudian didistribusikan ke 190 rumah-rumah sakit,” jelas Rustam.

Kegiatan yang dilakukan ATALIAN Global Services Indonesia berkolaborasi dengan Cibis Park dan Palang Merah Indonesia Kota Jakarta Selatan itu juga membangun kesadaran publik donor darah.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menambahkan bahwa dengan situasi yang membaik dan terbiasa menerapkan protokol kesehatan, masyarakat tidak perlu khawatir donor darah.

”Kami ingin mendorong masyarakat agar tidak perlu khawatir ataupun takut untuk berinteraksi fisik khususnya dengan staf medis, saat ingin mendonorkan darahnya,” ucapnya.

Chief Executive Officer of ATALIAN Global Services Indonesia, Jeffry Johary mengatakan pihaknya akan meningkatkan kesadaran warga donor darah dengan memberi contoh.

Apalagi kegiatan tersebut terbuka bagi semua karyawan ATALIAN Indonesia dan karyawan dari berbagai perusahaan di kompleks perkantoran Cibis Park maupun masyarakat sekitar.

"Kami berencana untuk menjadikan kegiatan donor darah ini sebagai kegiatan rutin, dan kami nantikan kolaborasi dengan pihak-pihak lain guna mendukung masyarakat," ujar Jeffry.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved