Bank Indonesia Gandeng TNI AL Distribusikan Rupiah ke Wilayah 3T di Indonesia

Aida S Budiman mengatakan kali ini pihaknya bersepakat bekerja sama dengan TNI AL dalam kegiatan ‘Kas Keliling 3T atau Ekspedisi Rupiah Berdaulat’.

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Bank Indonesia gandeng TNI AL mengawal distribusi rupiah ke wilayah 3T (terdepan, terluar, terpencil) di Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Bank Indonesia menggandeng TNI AL untuk mengawal distribusi uang rupiah ke wilayah 3T (terdepan, terluar, dan terpencil) di Indonesia.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama yang dilakukan di Geladak KRI Semarang 594, Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara, Rabu (15/6/2022).

Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S Budiman mengatakan kali ini pihaknya bersepakat bekerja sama dengan TNI AL dalam kegiatan ‘Kas Keliling 3T atau Ekspedisi Rupiah Berdaulat’.

“Di 2022 ini Bank Indonesia dan TNI AL sepakat untuk bekerja sama ini jadi punya tema ekspedisi rupiah berdaulat,” ucap Aida.

Nantinya kerja sama ini akan diperluas, menjadi pengamanan dan pengawalan pendistribusian uang rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan Bank Indonesia serta wilayah 3T.

“Harapannya supaya rupiah ini semuanya dapat di akses oleh setiap warga Indonesia, terutama di daerah yang terdepan, terluar dan terpencil,” ujar Aida.

Baca juga: Bank Indonesia Serahkan Traktor ke Papua Muda Inspiratif untuk Buka Lahan Pertanian Jagung

Baca juga: Cara Tukar Uang Receh Baru untuk Lebaran dari Bank Indonesia Tanpa Harus Antri

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kerja sama yang juga mencakup kegiatan sosial bersama serta prinsip mengoptimalkan pemanfaatan unsur operasi TNI AL

“Jadi dapat kita laksanakan menggunakan kapal kapal perang kita yang merupakan unsur gelar yang setiap hari beroperasi di seluruh wilayah Indonesia khususnya ke daerah 3T,” kata Yudo.

Baca juga: Tukar Uang Baru di Bank Indonesia Bisa Lewat Smartphone, Begini Caranya

Baca juga: UOB Indonesia Luncurkan Fitur Bank Indonesia Fast Payment, Bisa Transfer Dana Lewat Aplikasi TMRW

Kerjasama yang sudah dilakukan sejak tahun 2011 silam itu rencananya akan menyasar sebanyak 16 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

“Dan tahun 2022 ini sudah berjalan delapan kali  di wilayah Indonesia. Jadi ke depan distribusikan uang dapat kita laksanakan bakti sosial di seluruh wilayah,” sambung Yudo. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved