Ibadah Haji

Suhu Arab Saudi Mencapai 45 Derajat, Banyak Jemaah Haji Indonesia Sakit di Madinah

Data yang didapat oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia dari PPIH Arab Saudi setidaknya ada 13 jemaah haji Indonesia yang sakit.

Warta Kota/Hironimus Rama
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali melepas 404 jamaah haji Kabupaten Bogor Kloter JKS 13 ke Tanah Suci Mekah. Acara pelepasan dilakukan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Minggu (12/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM - Jamaah haji Indonesia yang sakit di Madinah semakin bertambah.

Kementerian Agama RI (Kemenag) menyampaikan data terkait dengan kondisi para jemaah haji Indonesia di Tanah Suci, Arab Saudi pada Minggu (12/6/2022).

Kabar haji terkini, dari data yang didapat oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia
dari PPIH Arab Saudi setidaknya ada 13 jemaah haji Indonesia yang sakit.

Kendati begitu, keseluruhannya kata Juru Bicara PPIH sekaligus Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin sudah dalam penanganan di rumah sakit di Arab Saudi.

"Jemaah haji yang sakit sebanyak 13 orang, 2 orang rawat jalan dan 10 orang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) Madinah dan 1 Orang dirawat di rumah sakit Arab Saudi Madinah," kata Fauzin saat jumpa pers di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (12/6/2022).

Dalam kesempatan ini, Fauzin juga menyampaikan total ada dua jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci.

Keduanya berasal dari embarkasi yang berbeda yakni dari Jakarta dan Padang.

Baca juga: Amal Jariah Eril, Berbuah Undangan Naik Haji Untuk Seluruh Keluarga Ridwan Kamil

Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah akan mulai operasional tanggal 12 Juni 2022
Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah akan mulai operasional tanggal 12 Juni 2022 (Dok Kemenkes)

"Kita doakan yang sedang sakit segera diberikan kesembuhan dan segera mendapatkan pelaksanaan rangkaian ibadahnya jemaah yang wafat Semoga diampuni seluruh dosa dan kesalahannya serta diterima ibadah hajinya sampai sebagai haji mabrur amin ya robbal alamin" ujar Fauzin.

Perhatikan Suhu Panas di Arab, Jemaah Haji Diminta Tak Lupa Konsumsi Vitamin

Mengingat waktu puncak pelaksanaan haji masih terbilang lama, Fauzin mengimbau kepada para jemaah haji yang sudah tiba di tanah suci untuk sedianya dapat menjaga kesehatan.

Tak hanya itu, jemaah haji juga diminta untuk dapat memahami kondisi cuaca di Arab Saudi yang belakangan ini panas terik dengan suhu tertinggi 45 derajat Celcius dan terendah di 31 derajat Celcius pada dini hari.

Baca juga: 1.173 Calon Jemaah Haji Kabupaten Bekasi Diprioritaskan Berangkat Tahun Depan

Sudut Kota Madinah di Arab Saudi.
Sudut Kota Madinah di Arab Saudi. (YouTube)

Dirinya mengimbau kepada jemaah haji untuk meminimalisir aktivitas di luar ruangan yang dirasa kurang penting dan senantiasa untuk mengonsumsi vitamin serta istirahat yang cukup.

"Oleh karena itu mengingat waktu pelaksanaan puncak ibadah haji masih lama Kami mengimbau kepada seluruh jemaah untuk tetap menjaga kesehatan sebaik-baiknya," tukas Fauzin.

Jemaah haji sudah mulai bergerak meninggalkan Madinah dan menuju Mekkah kemarin.

Hal ini menandai Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah juga akan mulai operasional.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan pesan kepada para calon jemaah haji (CHJ) Kloter 1 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Sabtu (4/6/2022).
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan pesan kepada para calon jemaah haji (CHJ) Kloter 1 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Sabtu (4/6/2022). (Humas Kemenag)
Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved