Musik

Konser Dewa 19 di 30 Kota Digelar Tanpa Sponsor BUMN, Ahmad Dhani: Dewa 19 Bukan Band 'Plat Merah'

Meski tanpa sponsor dari negara, Ahmad Dhani tetap menjalani tur Dewa 19 di 30 kota. Dhani menyebutkan, Dewa 19 bukan band 'plat merah'.

Tribun/Bayu Indra
Meski tanpa sponsor dari negara, Ahmad Dhani tetap menjalani tur Dewa 19 di 30 kota. Dhani menyebutkan, Dewa 19 bukan band 'plat merah'. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela saat premiere film Dear Imamku yang dibintangi Dul Jaelani dan Tissa Biani di Bioskop CGV, Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Band Dewa 19 sudah mendatangi Surabaya, Jawa Timur, hingga Pekanbaru, Riau dan Medan, Sumatera Utara.

Tiga kota itu adalah awal perjalanan tur Dewa 19 dari 30 kota di Indonesia yang direncanakan.

Tur Dewa 19 ini digelar untuk memperingati 30 tahun usia band yang dibentuk di Surabaya tersebut.

Ahmad Dhani bersama Marcello Tahitoe, Andra Ramadhan dan Yuke Sampurna disela peluncuran single baru Dewa 19 featuring Ello berjudul Juliete di Holywings Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).
Ahmad Dhani bersama Marcello Tahitoe, Andra Ramadhan dan Yuke Sampurna disela peluncuran single baru Dewa 19 featuring Ello berjudul Juliete di Holywings Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022). (Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo)

Meski tanpa sponsor dari negara, Ahmad Dhani tetap menjalani tur Dewa 19 di 30 kota itu.

"Nggak apa-apa, mungkin Dewa 19 dianggap belum layak jadi band legendaris di Indonesia," kata Ahmad Dhani saat dihubungi Minggu (12/6/2022).

Sponsor dari negara itu disinggung setelah Ahmad Dhani dan Dewa 19 pernah melihat bahwa konser Slank yang diberi judul Koperasi Slankers dapat dukungan dari BUMN.

Baca juga: Dul Jaelani Rilis Album Seribu Bulan Bersama Band Qodir, Berdaya Tanpa Ahmad Dhani dan Maia Estianty

Baca juga: Sudah 30 Tahun Berkarya di Industri Musik Indonesia, Ahmad Dhani: Sekarang Musik Hanya Hobi Saja

Ahmad Dhani tidak mempersoalkan meski tur 30 kota Dewa 19 itu harus dibiayai pihak swasta dan tidak ada keterlibatan BUMN dalam konsernya.

"Saya malu kalau minta-minta (sponsor dari BUMN)," kata Ahmad Dhani.

"Saya aja dikriminalisasi dan masuk penjara dan saya tidak minta bantuan siapapun. Padahal kalau mau, saya bisa minta tolong orang-orang yang punya power," ucap Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani disela peluncuran single terbaru Dewa 19 featuring Ello bertajuk Juliete di The Garrison Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).
Ahmad Dhani disela peluncuran single terbaru Dewa 19 featuring Ello bertajuk Juliete di The Garrison Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022). (Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo)

"Biarkan konser Dewa 19 ini mengalir sendiri. Jadi band 'plat merah' itu aib buat sejarah permusikan Indonesia. Anak band itu merdeka fitrahnya," ucap Ahmad Dhani.

Sejak usianya masih 28 tahun, Ahmad Dhani sudah akrab dengan penguasa dan mulai diajak nongkrong mendiang Gus Dur, yang saat itu menjadi Presiden Indonesia.

Ketika merayakan ulang-tahun ke-32, Ahmad Dhani juga mengundang hadir para calon presiden yang bertarung di Pemilu 2004.

Baca juga: Konser 30 Tahun Dewa 19 di 30 Kota Ditunda hingga Mei 2022, Ahmad Dhani: Seharusnya Sudah Dimulai

Baca juga: Ahmad Dhani Siap Kembali ke Panggung Politik di Pemilu 2024, Tidak Kapok Pernah Gagal Jadi Caleg?

"Saat Presiden SBY mantu, saya adalah salah satu koordinator artis penghibur pernikahan AHY," kata Ahmad Dhani.

Selama 10 tahun Presiden SBY berkuasa, Ahmad Dhani mengaku tidak pernah datang ke Istana Merdeka Jakarta meskipun selalu diundang setiap peringatan Hari Musik.

"Kira-kira begitu saya memelihara nama harum Band Dewa 19. Jangan sampai jadi 'Band Petugas Pemerintah'," ujar Ahmad Dhani.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved