Bus Listrik

Sangat Nyaman Naik Bus Listrik Milik Transjakarta, Ini Keunggulannya

Bagi masyarakat yang ragu naik bus listrik milik Transjakarta, tepis keraguan itu. Sebab ada segudang keunggulan yang bikin penumpang merem melek.

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Valentino Verry
KompasOtomotif
Bus listrik milik Transjakarta luar biasa nyman. Bus ini memiliki segudang keunggulan yang membuat penumpang tak mau turun. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Transjakarta jelaskan fitur tiga bus listrik yang sudah diresmikan melakukan uji coba, Rabu (8/6/2022), hingga tiga bulan ke depan. 

Ketiga bus tersebut yakni berasal dari Agen Pemegang Merek (APM) meliputi Zhongtong, Skywell, dan Golden Dragon.

Baca juga: Demi Kepentingan dan Masa Depan Anak, Bams Eks SamsonS Tetap Berkomunikasi Baik dengan Mantan Istri

Anang Rizkani Noor selaku Kepala Divisi Sekretaris PT Transjakarta menjelaskan ketiga bus tersebut memiliki keunggulan atau fasilitas yang berbeda.

1. Bus listrik merek Zhongtong  

Bus ini memiliki kapasitas tenaga listrik baterai sebesar 350 KWH, dengan sistem dua pengisian daya. Nantinya, pengguna bisa menggunakan satu port untuk mode slow, dan kedua port charing secara bersamaan untuk mode cepat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Inagurasi dan Press Conference Layanan Bus Listrik Transjakarta di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Inagurasi dan Press Conference Layanan Bus Listrik Transjakarta di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022). (Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti)

"Berbeda dari tipe lainnya, bus juga dilengkapi dengan port USB di kabin penumpang yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi baterai handphone," ujar Anang, Rabu (8/6/2022).

2. Bus listrik merek Skywell 

Bus merek ini dilengkapi dengan fitur baterai Lithium Lon Phospate (LiFePo4) yang memiliki daya 322 Kwh dengan proses pengisian daya listrik selama lebih kurang dua jam.

Baca juga: Maruf Amin Borong Batik di Kampung Cibuluh, Berikan Bantuan Agar Lebih Berkualitas

3. Bus listrik merek Golden Dragon

Sedangkan bus merek ini memiliki keunggulan fasilitas kapasitas baterai sebesar 326 kWh dengan perhitungan waktu pengisian daya listrik selama lebih kurang 60 menit.

Nantinya, pengisian daya listrik bus ini akan dilakukan pada waktu setiap malam hari di Depo Transjakarta, yang memakan waktu lebih kurang 1,5 jam hingga 2 jam. 

Baca juga: Bos TPK Koja Yakin tak Ada Pungli, Viral Video Alat Berat Rusak Truk di Pelabuhan Tanjung Priok

"Kami akan terus evaluasi sebelum penerapan bus listrik secara penuh. Semoga berjalan lancar dan segera mengaspal di seluruh rute Transjakarta ada," lugas Anang. 

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah meresmikan total 30 bus listrik Transjakarta untuk beroperasi angkut penumpang sejak Selasa (8/3/2022) lalu.

30 bus listrik itu tersedia untuk empat rute di Jakarta, meliputi Terminal Senen - Bundaran Senayan (1P), Tanah Abang - Terminal Senen (1R), Blok M - Tanah Abang (1N), dan Ragunan - Blok M (6N).

Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur , Rabu (8/6/2022).
Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur , Rabu (8/6/2022). (Warta Kota/Gilar Prayogo)

Sedangkan untuk tiga unit bus yang baru diresmikan uji coba pada Rabu (8/6) dilakukan di jalur Non Bus Rapid Transit (BRT) dengan rute Kampung Melayu - Tanah Abang, dan belum dilintasi sebelumnya.

"Uji coba bus listrik di rute baru ini, diharapkan dapat memperkenalkan medan baru pada kesiapan bus listrik sebelum resmi beroperasi mengangkut pelanggan nantinya,” tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved