Breaking News:

Berita Bogor

Maruf Amin Borong Batik di Kampung Cibuluh, Berikan Bantuan Agar Lebih Berkualitas

Maruf Amin memberikan sejumlah bantuan sebesar Rp 5 juta untuk 40 pengrajin sekaligus memborong sejumlah kain batik.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive/Cahya Nugraha
Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Ma'ruf Amin pada Rabu (8/6/2022) mengunjungi kampung tematik, Batik Cibuluh yang berlokasi di Jl. Neglasari I, RT.02/RW.04, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Maruf Amin pada Rabu (8/6/2022) mengunjungi kampung tematik, Batik Cibuluh yang berlokasi di Jl. Neglasari I, RT.02/RW.04, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut Maruf Amin didampingi oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim dan Ketua Baznas, Noor Achmad serta Forkopinda Kota Bogor bertemu langsung dengan para pengrajin batik Cibuluh.

Kedatangan rombongan Wapres disambut antusias yang meriah oleh masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, pada agenda kali ini Maruf Amin memberikan sejumlah bantuan sebesar Rp 5 juta untuk 40 pengrajin sekaligus memborong sejumlah kain batik.

"Alhamdulillah pak Wapres memberikan modal untuk para pengrajin. Harapannya untuk meningkatan kualitas dengan adanya inovasi-inovasi baru," ucap Noor.

Baca juga: Angkat Perekonomian Masyarakat, Wapres Apresiasi Baznas dalam Pemberdayaan Kampung Batik Cibuluh

Kemudian Maruf Amin menuturkan bahwa ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pengrajin sebab mampu memanfaatkan kearifan lokal dengan ciri khas Kota Bogor.

" Saya pula turut apresiasi untuk Baznas karena sudah membina para pengrajin di kampung ini.  Saya harap terus diperluas cakupannya agar bisa menjadi destinasi wisata industri," ucap Maruf.

"Dan untuk para pengrajin, saya harap nantinya produk ini bisa diekspor ke luar negeri, karena itu harus ada kreasi dan inovasi, agar nantinya bukan dikunjungi oleh pecinta batik dalam negeri saja, tapi juga dari luar negeri," tambahnya.

Perlu diketahui Terdapat 40 keluarga yang berprofesi sebagai pengrajin batik baik itu tulis maupun cetak.

Mereka dibagi ke dalam delapan kelompok yang memilik merk dagang sendiri, di antaranya
Melangit, Bumiku Batik, Melinda, Kedaung Kujang, Sadulur, Gaji Seri, Ceri M, dan batik Pancawati.

Baca juga: Disbudpar Kota Tangerang Bangun Kampung Tematik untuk Bangkitkan Sektor Pariwisata

Semua produk batik ini memiliki nilai jati diri Kota Bogor, Jawa Barat.

Tidak hanya sekedar memproduksi batik. Kampung tematik ini pula sering dijadikan wisata edukasi bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat dengan batik.

Batik Cibuluh juga tergabung dalam Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor dan memperkenalkan batik dari pameran ke pameran.

Kampung ini juga termasuk dalam binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan daerah wisata.

BAZNAS Kota Bogor, Lurah Cibuluh dan masyarakat setempat turut mengapresiasi dan optimis Kampung Batik Cibuluh dapat menjadi daya tarik wisata lokal dan mancanegara. (M33)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved