Berita Jakarta

Wagub DKI Janji Perhatikan 15 Kriteria Warga yang Digratiskan dari Tarif Integrasi Rp 10 ribu

Komisi B DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui tarif integrasi Jaklingko yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar Rp 10.000 per orang.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Kartu JakCard dan JakLingko Bank DKI untuk LRT 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji pemerintah daerah akan memperhatikan 15 kriteria warga yang digratiskan dari tarif integrasi Jaklingko Rp 10.000 per orang.

Adapun 15 kriteria warga itu merupakan rekomendasi Komisi B DPRD DKI Jakarta saat rapat kerja dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada Selasa (7/6/2022) lalu.

“Tentu masukkan dari DPRD akan kami perhatikan dan akan kami pertimbangkan,” ujar Ariza di Balai Kota DKI pada Rabu (8/6/2022).

Ariza mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah bertugas menyiapkan fasilitas publik sebaik mungkin dengan tarif terjangkau. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan biaya kebutuhan hidup yang dikeluarkan masyarakat di Jakarta.

Baca juga: Agar tak Memberatkan Rakyat, Anies Tetapkan Tarif Integrasi Jaklingko Rp 10.000, DPRD DKI pun Setuju

“Termasuk tarif terintegrasi sesuai dengan kemampuan, seperti yang disampaikan oleh teman-teman DPRD, itu ada pengecualian,” kata mantan anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini.

Dalam kesempatan itu, Ariza menyampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menindaklanjuti tarif intergasi Rp 10.000 per orang yang disetujui Komisi B DPRD DKI Jakarta.

Namun kebijakan yang diatur melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) itu akan diterbitkan setelah mendapat pengesahan secara resmi dari DPRD DKI Jakarta melalui rapat paripurna.

“Ya segera, karena sudah disetujui DPRD, Pak Gubernur akan menindaklanjutinya. Itu nggak lama. Untuk poin (dalam Kepgub) nanti diatur sesuai Perda, aturan poin-poin termasuk harga dan kilometer,” jelasnya.

Baca juga: Komisi B DPRD DKI Minta Eksekutif Menindaklanjuti 4 Rekomendasi Tarif Integrasi JakLingko Rp 10.000

Diberitakan sebelumnya, Komisi B DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui tarif integrasi Jaklingko yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar Rp 10.000 per orang.

Tarif untuk tiga angkutan umum Transjakarta, LRT Jakarta dan MRT Jakarta itu disetujui setelah rapat pembahasan keempat di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (7/6/2022).

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, pihaknya telah menyiapkan empat rekomendasi tentang tarif integrasi yang disampaikan kepada eksekutif. Rekomendasi ini diberikan mengacu pada rapat persetujuan paket tarif integrasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali dan beberapa BUMD yang bergerak di bidang transportasi.

Rekomendasi pertama adalah penetapan tarif angkutan umum bersubsidi ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdasarkan usulan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). Hal ini sebagaimana Pasal 136 ayat 3 Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi.

Kedua, tarif angkutan perkeretaapian yang diselenggarakan oleh BUMD ditetapkan Gubernur berdasarkan usulan DTKJ dengan persetujuan DPRD DKI Jakarta. Hal ini mengacu pada Pasal 177 ayat 2 Perda Nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi.

Ketiga, adanya surat rekomendasi DTKJ Nomor 08/DTKJ/VIII/2021 tanggal 20 Agustus 2021 lalu terkait integrasi. Komisi B dapat menyetujui pelaksanaan tarif integrasi karena mendukung keterpaduan moda transportasi antara Transjakarta, LRT Jakarta dan MRT Jakarta.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved