Olimpiade Paris

Dua Atlet Panjat Tebing Harumkan Indonesia, Menpora Zainudin Amali: Kami Jaga Sampai Olimpiade Paris

Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin sukses mengharumkan Indonesia pada kejuaraan panjat tebing dunia.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua PP FPTI Yenny Wahid dan dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin saat memaparkan hasil kejuaraan dunia di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin sukses mengharumkan Indonesia pada kejuaraan panjat tebing dunia dalam ajang World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, 20-22 Mei dan 27-29 Mei 2022.

Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas pada nomor speed putra.

Sebelumnya, Veddriq juga berhasil meraih medali emas pada Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan, pada awal Mei lalu.

Sementara, Kiromal Katibin di ajang ini berhasil mempertajam rekor dunia speed putra dengan mencatatkan waktu 5,10 detik pada babak kualifikasi.

Baca juga: FPTI Tangsel Sesalkan Panjat Tebing Tak Diperlombakan di Popda Banten

Baca juga: Tiga Atlet Indonesia Mampu Sapu Bersih Medali pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Korea Selatan 

Baca juga: Ririn Ekawati Marah hingga Kesal Saat Diajak Ibnu Jamil Naik Gunung dan Panjat Tebing, Ada Apa?

Ini merupakan kali kedua Kiromal Katibin mempertajam rekor dunia dalam satu tahun terakhir,

Dia pertama kali memecahkan rekor dunia saat tampil pada ajang yang sama di Salt Lake City, 28 Mei 2021, dengan catatan 5,25 detik.

Setelah itu, Kiromal Katibin mempertajam rekor tersebut berkat catatan waktu 5,17 detik ketika berkompetisi di Seoul, Korea Selatan, pada 6 Mei 2022.

Menpora Zainudin Amali pun turut mengapresiasi kinerja Veddriq dan Katibin.

Ia pun akan memberikan kedua atlet dunia itu pemusatan latihan panjang khusus tampil di Olimpiade Paris 2024 yang ditargetkan bisa meraih medali.

BERITA VIDEO: NBA Finals: Stephen Curry On Fire, Golden State Warriors Libas Boston Celtics 107-88

“Untuk Olimpiade Paris 2024, ini adalah yang kami proyeksikan, tentu kami berharap dapat medali emas bisa didapatkan dari panjat tebing karena kami punya juara dunia-nya untuk itu kami persiapkan bentul,” kata Zainudin saat menerima kedua atlet tersebut di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).

"Mereka akan kami adakan TC jangka panjang. Jadi kami serius untuk persiapkan ini karena mereka sudah menjadi aset nasional, aset bangsa dan tentu sudah menjadi juara dunia,” ujar Zainudin.

“Pesan saya mereka harus mengingat itu dan menjaga supaya prestasinya tetap terjaga dan terkontrol sampai dengan Olimpiade paris 2024,” ucap Zainudin.

Sementara itu, Ketua PP FPTI Yenny Wahid yang juga hadir di Kemenpora mengucapkan terima kasih kepada Zainudin atas fasilitas dan perhatian yang diberikan kepada atlet panjat tebing Indonesia.

Seperti diketahui, panjat tebing masuk dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang ditargetkan tampil di Olimpiade.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menpora atas dukungan yang telah diberikan selama ini kepada cabang olahraga panjat tebing sehingga atlet kami lebih maksimal dalam mencapai prestasi,” kata Yenny.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian dari Bapak Menpora beserta jajarannya dalam memfasilitasi cabor panjat tebing,” ujar Yenny.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved