Komunitas

Komunitas Sepeda Jadul ODOB Gelar Syukuran Ulang Tahun Ke-13 di Jembatan Kota Intan

Pemilihan lokasi acara di Jembatan Kota Intan, karena merupakan salah satu destinasi peninggalan sejarah kolonial Belanda.

Dok. ODOB
Komunitas Onthel Die Oud Batavia (ODOB) menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 ODOB di kawasan Jembatan Kota Intan, Jalan Roa Malaka, Kali Besar,  Jakarta Barat, Minggu (28/5/2022) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Komunitas Onthel Die Oud Batavia (ODOB) baru saja menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-13 ODOB di kawasan Jembatan Kota Intan, Jalan Roa Malaka, Kali Besar, Jakarta Barat.

Acara syukuran yang digelar secara sederhana dengan tema 'Growing, Beautiful and Stunning' itu, berlangsung pada Minggu (29/5/2022) pagi, pukul 08.00 WIB - 10.00 WIB. 

Yuli Permana, Ketua ODOB mengatakan, acara syukuran kali ini berlangsung secara sederhana, karena ini adalah tahun genap, dimana cukup menjadi kegiatan internal komunitas saja.

Baca juga: Komunitas Vespa 60 S Jabodetabek, Bangkitkan Tradisi Satu Vespa Sejuta Saudara

Baca juga: Warung Jame 100 % Asli Aceh, dari Kuliner Tradisi Aceh Hingga Dukung Komunitas Anak Muda

"Perayaan kali ini cukup untuk sekitar undangan 50 orang saja, mengingat kegiatan HUT skala besar dengan mengundang banyak komunitas kami lakukan setiap dua tahun sekali," kata Yuli. 

"Selain itu juga, mengingat pandemi Covid-19 belum seratus persen aman, maka masih perlu tetap waspada. Maka kami pun membatasi jumlah undangan yang hadir," sambungnya.

Sebagai komunitas pecinta sepeda jadul dan sejarah budaya, pemilihan lokasi acara di Jembatan Kota Intan, karena merupakan salah satu destinasi peninggalan sejarah kolonial Belanda.

Komunitas Onthel Die Oud Batavia (ODOB) menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 ODOB di kawasan Jembatan Kota Intan, Jalan Roa Malaka, Kali Besar,  Jakarta Barat, Minggu (28/5/2022) lalu.
Komunitas Onthel Die Oud Batavia (ODOB) menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 ODOB di kawasan Jembatan Kota Intan, Jalan Roa Malaka, Kali Besar,  Jakarta Barat, Minggu (28/5/2022) lalu. (Dok. ODOB)

Jembatan Kota Intan dahulu bernama Diamantbrug, karena letaknya di dekat Bastion Diamond Kastil Batavia, yang didirikan sejak abad XVII.

"Alhamdulilah atas kerjasama yang baik dengan pihak UPK Kota Tua sebagai pengurus khusus bangunan bersejarah di sini, kami pada akhirnya mendapatkan ijin serta restu menggunakan area di sekitar Jembatan Kota Intan ini," kata Yuli.

"Sebagai pecinta sejarah kami kagum dengan betapa megahnya Kota Batavia dibangun oleh Kolonial Belanda dengan memperhatikan estetika kota yang dahulu terkenal memiliki banyak kanal meniru kota Amsterdam di Negeri Belanda," tambahnya. 

Dalam acara syukuran HUT ke -13 ODOB, turut dihadiri Ketua dan Pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kotamadya Jakarta Timur, Perwakilan Pengurus DPP Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Perwakilan Pengurus KOSTI Pengprov DKI Jakarta, Perwakilan Pengurus KOSTI Kota Jakarta Timur, serta dari perwakilan anggota 4 komunitas onthel.

Sementara itu, Andre Pranaza, sebagai pendiri ODOB  mengatakan, di momen HUT ke-13 ODOB ini, semangat kekompakan, kebersamaan, serta loyalitas seluruh anggota ODOB akan terus mensosialisasikan kegiatannya berbasis sepeda tua, dan berinovasi dalam kegiatannya sesuai dengan visi misi ODOB.

Ada lima visi misi ODOB, yakni Sehat, Silaturahmi, Sejarah, Budaya, dan Cinta Tanah Air.

"Di usia yang ke 13, diharapkan ODOB semakin dewasa, berkegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi siapa saja dan memiliki keunggulan yang presisi dengan tetap memperhatikan perkembangan komunitas sepeda tua di dunia internasional," kata Andre. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved