Lifestyle

Begini Cara Buah Zaitun Membantu Kesehatan jantung

Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh juga mengalami penurunan, termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya.

pixabay
Nutrisi dengan kandungan tinggi protein serta ekstrak buah zaitun merupakan salah satu nutrisi tepat untuk membantu menjaga massa otot dan kesehatan jantung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh juga mengalami penurunan, termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya.

Tak heran hal ini yang membuat bertambahnya usia, risiko munculnya penyakit menjadi bertambah. Salah satunya penyakit jantung.

Namun, kondisi ini bisa diminimalkan dengan tetap menjalankan gaya hidup sehat. 

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Badai Bhatara Tiksnadi, Sp.JP(K), MM, mengatakan, penyakit jantung merupakan ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Baca juga: Anemia pada Pasien Hemodialisa Harus Ditangani agar Tidak Memicu Terjadinya Penyakit Jantung

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 8.9 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Riskesdas di Indonesia tahun 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4.6 persen.

Kunci agar terhindar dari penyakit jantung, adalah Perilaku Hidup Sehat (CERDIK) yaitu : Cek kesehatan teratur, Enyahkan rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kendalikan Stress," papar dr. Badai.

dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga juga menambahkan hal lain yang perlu diperhatikan agar tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia adalah olahraga secara teratur.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Omicron! Waspada bagi Pengidap Penyakit Jantung dan Kardiovaskular

Ia mengatakan, olahraga, jantung, dan massa otot adalah tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Olahraga merupakan salah satu kunci yang harus diutamakan juga selain nutrisi agar tetap aktif dan fit utk menjaga kualitas hidup lansia.

"Olahraga cukup dilakukan selama 30 menit setiap harinya, di mana kombinasi gerakannya dapat mencakup pemanasan, latihan fleksibilitas, latihan kardio atau jantung, latihan kekuatan otot dan keseimbangan,” ungkap dr. Andi, Rabu (1/6/2022).

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, Sp.GK mengatakan, ekosistem yang lengkap dimulai dari adanya pemeriksaan kesehatan hingga pemilihan nutrisi yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung proses penuaan agar tetap aktif dan fit.

Baca juga: Tangkal Mitos dan Hoax Soal Penyakit Jantung, PERKI Banten Rilis Website dan Buku 

Nutrisi dengan kandungan tinggi protein serta ekstrak buah zaitun merupakan salah satu nutrisi tepat untuk membantu menjaga massa otot dan kesehatan jantung.

Hydroxytyrosol yang terkandung di dalam buah zaitun dapat membantu mencegah terbentuknya plak aterotrombotik akibat radikal bebas; yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung, ataupun gangguan pada pembuluh darah perifer juga menjaga kelancaran peredaran darah.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved