Properti

Ringkas Raih Pendanaan Pre-seed Senilai 2,3 Juta Dolar AS untuk Ciptakan 100 Juta Pemilik Rumah Baru

Ringkas didirikan pada awal 2022 dan saat ini telah menerima banyak dukungan yang luar biasa dari sejumlah investor, klien dan mitra strategis lainnya

Editor: Feryanto Hadi
Ist
Ringkas umumkan capaian pendanaan senilai 2,3 Juta Dolar AS dari sejumlah investor. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Ringkas, platform kredit hunian digital dengan visi menciptakan 100 juta pemilik rumah, mengumumkan pendanaan tahap awalnya senilai 2,3 Juta Dolar AS dari sejumlah investor.

Investor yang berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini antara lain 500 Global, Iterative Capital, Creative Gorilla Capital, Teja Ventures, Init-6, serta dari beberapa pendiri perusahaan lainnya dengan nilai lebih dari 1 Miliar Dolar AS.

Ringkas melihat bahwa penetrasi kredit hunian di Indonesia adalah salah satu yang terendah di dunia dengan total pinjaman perbankan yang setara dengan 3,25 % dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Sebagai perbandingan, India misalnya mencatatkan rasio tersebut di 11 % dan Amerika Serikat3 di lebih dari 50 % dari PDB.

Selain itu, backlog perumahan Indonesia selama bertahun-tahun terus bertumbuh hingga saat ini di angka 11,4 juta unit1.

Baca juga: Dari Survei, 91 Persen Masyarakat Kota Sadar akan Pentingnya Hunian yang Ramah Lingkungan

Penyebab dari situasi yang menantang ini adalah fakta bahwa 55 % tenaga kerja negara lokal di Indonesia terdiri dari pengusaha kecil dan menengah, pekerja lepas, hingga individu tanpa kontrak yang pasti.

“Saat ini, lebih dari 70 juta orang di Indonesia berjuang untuk membuktikan kepada sistem perbankan bahwa mereka saat ini telah memiliki sumber daya keuangan dan layak untuk bisa mendapat hunian, atau lebih dikenal dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR),” ujar Co-Founder Ringkas, Leroy Pinto melalui keterangan resminya, Selasa (31/5/2022)

Dalam hal ini, Ringkas pun memiliki misi untuk bisa memecahkan masalah perumahan dengan mendigitalisasikan keseluruhan proses rantai nilai hingga menciptakan platform cerdas yang mampu menyederhanakan proses kredit hunian dengan menyesuaikan profil pelanggan secara lebih efisien, dan menargetkan aset yang sesuai standar risiko dari lembaga keuangan.

Baca juga: Bawa Tren Baru Tata Udara Hunian Berkualitas, Daikin Gelar Daikin Proshop Designer Award 2022

“Terdapat jutaan pencari rumah dan lebih dari 12.000 developers di Indonesia, sementara di sisi lainnya, ada lebih dari 1.200 bank dan lembaga keuangan yang tersedia saat ini. Kami juga melihat bahwa salah satu cara rahasia untuk membuka peluang ini adalah dengan memanfaatkan teknologi yang menghubungkan seluruh pemain di industri ini dengan cara yang sangat sederhana, cepat, dan terfokus pada pelanggan,” Co-Founder Ringkas, Ilya Kravtsov menambahkan.

“Tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan fisiologis dasar yang harus dimiliki oleh siapapun, kami pun merasa bangga untuk bisa mendukung Ringkas sebagai sebuah tim yang ingin membuka peluang yang luas untuk membantu proses kepemilikan rumah bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan memungkinkan akses yang lebih setara pada proses pembiayaannya melalui kemajuan teknologi,” Khailee Ng, Managing Partner di 500 Global berkomentar.

Ringkas didirikan pada awal 2022, dan saat ini telah menerima banyak dukungan yang luar biasa dari sejumlah investor, klien dan mitra strategis lainnya.

Baca juga: Industri Pariwisata Bali Mulai Tumbuh, Pembangunan Lavaya Residence and Resort Segera Diselesaikan

Baca juga: ASTON Bogor Hotel & Resort Luncurkan Bale Sawarga, Nikmati Keindahan Sungai Cipinang Gading

“Perjalanan kami pun tidak akan mungkin terjadi tanpa kehadiran dari seluruh tim yang telah bersedia berkontribusi untuk terus mendukung visi kami, yaitu dalam menciptakan '100 Juta Pemilik Rumah' bagi masyarakat luas. Untuk itu, kami pun senantiasa mengundang siapa saja yang juga memiliki kepedulian yang sama tentang masalah perumahan di Indonesia untuk bisa bergabung dengan kami,” Co-Founder Ringkas, Yoko Simon menambahkan.

Dalam 6 hingga 12 bulan mendatang, Ringkas akan terus melayani 10.000 pencari rumah sekaligus meluncurkan platform Ringkas untuk berbagai inisiatif yang bisa memberikan dampak besar lainnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Ke depannya, Ringkas juga akan meluncurkan platformnya di seluruh wilayah Indonesia hingga rencana ekspansi ke Asia Tenggara.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved