Nasional

Perayaan Serentak HLUN 2022, Kemensos RI Berbagi Rezeki Pada Lansia di Kabupaten Tasikmalaya

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Kemensos RI merayakan HLUN serentak di 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Warta Kota/Indri Fahra Febrina
Persiapan jelang Hari Lanjut Usia Nasional yang berlangsung di Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Minggu (29/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, TASIKMALAYA - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) pada 29 Mei setiap tahunnya. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Kemensos RI merayakan HLUN serentak di 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Salah satunya di Lapangan Sakti Lodaya Desa Cisayong, lokasi perayaan HLUN Kecamatan Cisayong pada Minggu (29/5/2022). 

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi, tampak panitia, Tagana dan pilar-pilar sosial tengah sibuk mempersiapkan berbagai kelengkapan. 

Selain itu, tampak tenda, karpet, dekorasi, meja, hingga kursi sudah terpampang rapi di lokasi. 

Penanggung jawab HLUN di Kecamatan Cisayong, Subhan Kadir, mengungkapkan adanya perbedaan perayaan HLUN tahun ini dan sebelumnya.

Baca juga: PMI dan Pelanggan Indomaret Bangun Fasilitas Kebersihan dan Kesehatan di Sekolah MTs Cianjur

"Biasanya tempat HLUN itu sudah ditentukan setahun sebelumnya. Namun tahun ini berbeda. Biar merata dan tidak terfokus di satu tempat," ujarnya saat ditemui di Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong, Sabtu sore (29/5/2022). 

Subhan Kadir menuturkan, ada renovasi 11 rumah tidak layak huni di Kecamatan Cisayong dalam memperingati HLUN tahun ini. 

"Rumah yang direnovasi baru satu. Nanti satu unit akan diresmikan oleh Bu Risma," katanya. 

Nantinya, sebanyak 413 lansia di Kecamatan Cisayong akan menerima bantuan nutrisi, obat-obatan, perlengkapan ibadah, perlengkapan tidur, perlengkapan masak, dan bantuan aksesibilitas.  

Tersedia tiga pelayanan untuk lansia di acara ini, yaitu pemeriksaan kesehatan, pengurusan kartu tanda penduduk elektronik, dan pemberian bantuan sosial. 

Selain itu, juga akan ada penyerahan  bantuan kearifan lokal senilai Rp 50 juta sebagai modal ternak ikan dan itik untuk kelompok paguyuban lansia produktif. 

Subhan Kadir menambahkan, akan ada telekonferensi dari semua kecamatan di Tasikmalaya dengan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini di puncak HLUN. (m35)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved