Berita Jakarta

Sering Jadi Guyonan Tapi Berikan Banyak Manfaat, Kemendagri Dukung Penyelenggaraan Linmas di Daerah

Kemendagri dukung penyelenggaraan Linmas di daerah. Dukungan itu diberikan karena Linmas Sering jadi guyonan tapi berikan banyak manfaat buat warga.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
Ilustrasi, Sering Jadi Guyonan Tapi Berikan Banyak Manfaat, Kemendagri Dukung Penyelenggaraan Linmas di Daerah 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sering jadi guyonan tapi berikan banyak manfaat, Kemendagri dukung penyelenggaraan Linmas di daerah.

Hampir semua warga Indonesia mengenal sosok Linmas yang dulunya dikenal dengan sebutan hansip.

Keberadaan Linmas ini berada di desa atau kelurahan dimana mempunya tugas-tugas yang cukup berat. Di antaranya adalah membantu dalam penanggulangan bencana.

Baca juga: Suasana Tak Kondusif saat Ozil Tinggalkan Masjid Istiqlal, Warga Saling Dorong demi Bisa Memotret

Kemudian membantu menyelenggarakan trantibum linmas skala kewenangan desa atau kelurahan hingga membantu penanganan trantibum keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum serta banyak lagi tugas nya di atur dalam Permendagri 26 Tahun 2020.

Amat disayangkan, dengan adanya acara lawak di media televisi sosok Satlinmas digambarkan menjadi peran  lelucon atau guyonan.

Sejatinya, hal itu tidak sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban oleh Satlinmas.

Baca juga: Selidiki Penyelewengan Fee Dana Pokir 5 Persen, Kejari Karawang Panggil Seluruh Anggota DPRD  

Mengingat penyelenggaraan Ketenteraman Ketertiban umum serta Perlindungan masyarakat adalah salah satu urusan wajib pelayanan dasar.

Yang artinya setiap daerah wajib untuk melaksanakan urusan tersebut. Termasuk penyelenggaraan linmas di daerah, hal ini wajib di laksanakan pada masing-masing daerah baik provinsi, kab/kota.

Hal ini telah di atur dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Perlindungan Masyarakat sendiri mempunyai makna segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana.

Lalu, untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Selanjutnya adalah membantu sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum serta membantu upaya pertahanan negara.

Kementerian Dalam Negeri selaku instansi Pembina dalam penyelenggaraan linmas di daerah  terus melakukan berbagai upaya  agar marwah sejati dari Satlinmas bangkit kembali.

Baca juga: Kedatangan Ozil ke Masjid Istiqlal Hebohkan Warga, Teriakan Histeris Disambut dengan Senyuman

Tak henti-hentinya Instansi Pembina ini terus melakukan terobosan serta inovasi dalam penyelenggaran linmas di daerah.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved