Hajatan Jakarta

KPKP Kepulauan Seribu Tebar 1.485 Benih Ikan di Pulau Pramuka Sambut Hajatan Jakarta ke-495

Kepulauan Seribu sebagai bagian dari Jakarta turut berpartisipasi merayaka Hajatan Jakarta ke-495. Caranya, dengan menebar benih ikan.

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Valentino Verry
warta kota/m rifqi ibnu masy
KPKP Kepulauan Seribu menebar 1.485 benih ikan di perairan Pulau Pramuka, untuk menyambut Hajatan Jakarta ke-495, Jumat (27/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUAN SERIBU - Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta tebar 1.485 benih ikan di perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Rabu (26/5/2022).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memeriahkan Hajatan Jakarta ke-495 dengan tema "Jakarta Hajatan". 

Baca juga: Shin Tae-yong Panggil Stefano Lilipaly, Meski Sudah ‘Tua’ Dibutuhkan untuk Posisi Gelandang Serang

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya menyebut, upaya tebar benih ikan ini sebagai upaya menjaga kelestarian laut dan mengembalikan ikan-ikan ke habitatnya agar berkembang biak.

"Kita sebar di perairan Pulau Pramuka meliputi benih ikan nemo sebanyak 495 ekor, benih ikan kerapu sebanyak 495 ekor dan benih ikan bawal bintang sebanyak 495 ekor," ungkap Devi.

Pihak KPKP Kepulauan Seribu berharap melalui kegiatan ini sumber alam lebih lestari.

Baca juga: Viral di Medsos, Pemobil Kabur Usai Tumpahkan BBM di SPBU, Warganet Kesal

KPKP Kepulauan Seribu sendiri sering melakukan restocking sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan dan ketersediaan ikan di perairan Kepulauan Seribu.

Menanggapi kegiatan ini, Kepala Pusat PBKL Zaenab Biki menjelaskan, restocking di area Pulau Pramuka ini karena ikan-ikan ini nantinya akan dimonitoring dan dipelihara oleh pengurus PBKL hingga menjadi indukan/besar.

"Jika bibit-bibit ikan ini dilepas di pulau lain bisa langsung ditangkap oleh nelayan, sedangkan kami ingin memperoleh indukan ikan lebih banyak lagi, karena saat ini mencari induk sedikit susah," ujarnya.

Perayaan Hajatan Jakarta ke 495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (24/5/2022). Tampak Gubernur DKI Anies Baswedan (tengah), memperkenalkan digital nomad.
Perayaan Hajatan Jakarta ke 495 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (24/5/2022). Tampak Gubernur DKI Anies Baswedan (tengah), memperkenalkan digital nomad. (warta kota/gilar prayogo)

Zaenab menargetkan, PBKL pada tahun ini mampu menyebarkan 10.000 ekor ikan. Pasalnya pada Mei 2022 ini, 4.000 benih ikan sudah direstocking dari jenis Nemo, Kerapu, Kakap, hingga Bawal. 

"Berharap sumber daya ikan di Kepulauan Seribu beranekaragam tidak hanya ikan nemo tapi ada ikan bawal, kerapu macan, kerapu tikus dan kakap," jelasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved