Car Free Day

Yayan Yuliana Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker saat CFD di Kota Bekasi, Ini Rute Pengalihan Arus

Pelaksanaan car free day (CFD) di Kota Bekasi akan dimulai 29 Mei 2022, nantinya sejumlah ruas jalan akan dipadati masyarakat yang olahraga.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana, minta masyarakat yang ikut car free day pada 29 Mei 2022 untuk patuh pada prokes seperti memakai masker. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi pada Minggu (29/5/2022) akan digunakan sebagai jalur car free day (CFD), Dinas Perhubungan Kota Bekasi pun telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas.

Kabid Lalin Dishub Kota Bekasi, Teguh Indrianto mengatakan, Jalan Ahmad Yani dan Bundaran Prisma Summarecon akan dijadikan track jalur CFD, maka ada beberapa rute lalin yang dialihkan.

Baca juga: Dani Ramdan Minta Pengelola Perumahan Metland Cibitung Proaktif Mencari Lokasi TPS baru

"Bertepatan dengan kegiatan CFD jadi dari simpang BCP hingga Bundaran Hotel Haris akan ditutup dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB," kata Teguh Indrianto, Kamis (26/5/2022).

Guna memperlancar kegiatan CFD Kota Bekasi yang kembali digelar lagi setelah dua tahun absen.

Maka, untuk memperlancar arus lalu lintas, akan diberlakukan rekayasa arus lalu lintas.

Baca juga: Mahasiswa di Malang yang Danai ISIS Terancam Dipenjara Lima Tahun

Adapun, kendaraan yang dari Kranji menuju jalan Ahmad Yani, akan dialihkan melalui Jalan Kemakmuran (samping Pemkot Bekasi) menuju jalan Veteran, dan Jalan Hasibuan, berbelok ke kanan masuk ke simpang BCP, begitu pula kendaraan yang dari Bulak Kapal.

Sedangkan dari Pekayon menuju Jalan Ahmad Yani-Summarecon akan dialihkan menuju ke arah Cut Meutia, ke arah Jalan Hasibuan, masuk ke jalan Rawa Tembaga, lalu ke Jalan Juanda, melewati Jalan Perjuangan (samping Stasiun Bekasi) ke arah Jalan Tabrani.

Seperti diketahui, kegiatan CFD di Kota Bekasi nanti akan digelar sejak pukul 06.00 pagi hingga 09.00.

Pada kegiatan CFD ini, sesuai dengan rapat koordinasi, para pedagang diizinkan berjualan, di area-area yang sudah ditentukan.

Baca juga: Denny Darko Ungkap Motif Wenny Ariani Minta Pengakuan Ayah Biologis Bagi Anaknya

"Kalo pedagang boleh dagang, tapi di tempat-tempat tertentu dan tidak di lokasi car free day seperti ditempatkan di Hutan Kota atau di belakang sekitaran GOR. Dan di lokasi Jalan Ahmad Yani itu clear ya tidak ada yang berjualan nanti disana," kata Kadis Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Di area lokasi CFD Kota Bekasi nanti, ada beberapa layanan kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bekasi, seperti halnya layanan vaksin yang digelar di Bundara Prisma Summarecon, Gate 9 Stadion Patriot, dan Pintu Masuk Pemkot Bekasi.

"Nanti juga ada layanan adminduk yang terletak di depan kantor Disnaker Kota Bekasi," ucapnya.

Ilustrasi car free day (CFD) di Kota Bekasi.
Ilustrasi car free day (CFD) di Kota Bekasi. (Dok Humas Pemkot Bekasi)

Seperti diketahui, Pemkot Bekasi tak mau kalah dengan Jakarta yang sudah lebih dulu menerapkan CFD.

"Kota Bekasi mulai hari Minggu tanggal 29 Mei akan kembali menggelar car free day. Apalagi kita tahu, selama dua tahun lebih kita tidak melaksanakan car free day," kata Yayan.

Secara teknis, tidak ada pembatasan pada pelaksanaan CFD yang akan dipusatkan di Jalan Ahmad Yani itu. Namun, Yayan tetap mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan CFD untuk tetap mematuhi prokes.

 "Kita tetap mengimbau kepada warga masyarakat supaya tetap menggunakan masker,” ujarnya.

“Jadi dapat menggunakan masker di area yang dianggap terlalu berkerumun, walaupun memang ada aturan area terbuka boleh tidak memakai masker," imbuhnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved