Sederet Manfaat Cloud Computing bagi Kemajuan Usaha Startup

Teknologi serverless dapat mengurangi biaya operasional, karena biasanya proses menjalankan kode, mengelola data dan mengintegrasikan aplikasi membutu

Editor: Ahmad Sabran
WARTA KOTA
Ali Irawan, Head of Engineering Flash Coffee untuk kawasan Asia Pasifik, Dwiantoro Wibowo, Senior Business Development Manager untuk eCloudvalley Indonesia, dan M Nandya Gustinufariza, AWS Startsup Account Manager 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Flash Coffee, gerai kopi menggelar dialog bersama perusahaan teknologi cloud, eCloudvalley Digital Technology
tentang manfaat cloud computing dalam mengakselerasi sebuah usaha.

Perusahaan eCloudvalley sendiri merupakan mitra Amazon Web Services (AWS) yang menyediakan jasa konsultasi seputar teknologi AWS di Indonesia.

Ali Irawan, Head of Engineering Flash Coffee untuk kawasan Asia Pasifik menyebut, dalam konteks operasional Flash Coffee, cloud computing menawarkan segudang manfaat.

Antara lain, Flash Coffee menggunakan teknologi serverless atau komputasi tanpa server dimana sejumlah proses krusial hanya berlangsung disaat memang dibutuhkan dan tidak ada biaya penggunaan server yang terbuang percuma.

Dikatakannya, Teknologi serverless dapat mengurangi biaya operasional, karena biasanya proses menjalankan kode, mengelola data dan mengintegrasikan aplikasi membutuhkan server yang harus beroperasi tiap hari, sepanjang hari.

"Selain itu, kapasitas memory server bisa berubah sesuai kebutuhan. Contohnya, pada jam-jam traffic pemesanan tinggi, memory server akan otomatis meningkat. Banyak sekali layanan siap pakai yang ditawarkan cloud computing, sehingga kami pun bisa menghemat waktu buat pengembangan teknologi,” kata Ali.

Baca juga: Koalisi Indonesia Bersatu Diprediksi Jadi Penyelamat Ganjar Pranowo Ikut Pilpres 2024

Ia bercerita, pada saat awal-awal Flash Coffee berdiri, ia bahkan hanya mengeluarkan biaya dibawah 100 dolar AS per bulan untuk biaya server.

Sementara jika dirinya harus membangun server sendiri, dengan segala kerumitannya, membutuhkan biaya minimal Rp 6 jutaan per bulan.  

Dwiantoro Wibowo, Senior Business Development Manager untuk eCloudvalley Indonesia menambahkan, penggunaan layanan cloud computing berperan penting dalam mewujudkan transformasi digital dan transformasi industri 4.0.

"Saat ini setiap perusahaan mengukur kinerjanya dari efektivitas operasional serta pengalaman dan kepuasan pelanggan.Cloud computing dapat membantu sebuah perusahaan meningkatkan keduanya, dan menawarkan potensi tak terbatas kepada pelanggan mereka. Hal ini menjadi strategi kunci untuk bisa tetap bersaing di era pandemi saat ini,” kata 

Dikatakan Ali, Flash Coffee kini telah memiliki lebih dari 80 gerai tersebar di seluruh area Jabodetabek.

Baca juga: The Jakmania Awasi Persija Jakarta Latihan, Thomas Doll: Saya Terbiasa dengan Tekanan!

Berbeda dengan kedai kopi grab and go lainnya, Flash Coffee menawarkan pengalaman menikmati kopi berkualitas premium dengan harga terjangkau. Selain di Indonesia, Flash Coffee saat ini beroperasi di Thailand, Singapura, Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan Hong Kong. 

Sedangkan eCloudvalley Digital Technology memulai bisnis AWS pada awal tahun 2014 dan memperoleh status AWS Managed Service Partner pada tahun 2016. Pada tahun 2017, eCloudvalley menjadi AWS Premier Consulting Partner pertama di kawasan Asia Timur dan memperoleh sertifikasi ISO 27001 dan ISO 27017.

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved