Pemusatan Latihan Timnas U19

Dzenan Radoncic Minta Pemain Timnas U-19 Percaya Diri Saat Lakukan Uji Coba Hadapi Persita Tangerang

Timnas Indonesia U-19 sudah lebih dari sembilan hari melakukan pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Penulis: Sigit Nugroho | Editor: Sigit Nugroho
pssi.org
Timnas Indonesia U-19 sudah lebih dari sembilan hari melakukan pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 sudah lebih dari sembilan hari melakukan pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Kini, mereka kembali memertajam sekaligus evaluasi latihan usai laga uji coba melawan Tira Persikabo,

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Dzenan Radoncic, mengatakan bahwa dirinya menekankan latihan untuk memerbaiki kesalahan-kesalahan yang pemain lakukan.

"Kami sudah bertanding melawan klub profesional kemarin (Tira Persikabo). Jadi di sesi latihan hari ini (Selasa, 24/5/2022), kami menghabiskan waktu untuk berlatih memerbaiki kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat di gim itu," kata Radoncic dikutip dari pssi.org.

"Jadi, kami memikirkan hal itu. Kami mencoba untuk tidak membuat kesalahan yang sama terlalu sering. Tentu, tidak mudah. Tidak mudah untuk menghapus kesalahan itu, namun dalam sepak bola itu normal," ujar Radoncic.

Baca juga: Jelang Menghadapi Toulon Cup 2022, Hokky Caraka Mulai Membangun Chemistry dengan Pemain Timnas U-19

Baca juga: Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain untuk Mengikuti Pemusatan Latihan Timnas U-19 pada Bulan Mei-Juni

Baca juga: Delapan Pemain Muda Persija Jakarta Antusias Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 pada 15-25 Mei 2022

"Kami coba untuk memerbaiki kesalahan itu. Kami juga mencoba untuk mengimplementasikan beberapa hal, seperti membangun kepercayaan sesama pemain dan komunikasi pemain untuk organisasi permainan yang lebih baik,” tutur Radoncic.

Radoncic mengungkapkan kesalahan-kesalahan yang diperbuat pemain saat uji coba kemarin.

"Kesalahan yang dibuat pemain (saat uji coba melawan Tira Persikabo) itu adalah kesalahan individual, tidak menutup pergerakan lawan, tidak bergerak di saat yang tepat, dan tidak bertahan di waktu yang tepat," jelas Radoncic.

"Menurut saya, tim ini sudah kompak di sepanjang laga. Selama 30 menit kami bisa mengimbangi, lalu kami kebobolan mudah satu gol. Menurut saya, pemain hilang konsentrasi. Jadi, kami ingin memerbaiki hal-hal itu,. Saya sudah katakan ke pemain soal itu dan mencoba menjelaskan ke mereka bagaimana memperbaikinya,” tutur Radoncic.

Selain kesalahan-kesalahan itu, Radoncic memuji beberapa permainan yang dilakukan pemainnya.

BERITA VIDEO: Para Atlet Bulu Tangkis dan Tinju Tiba di Bandara Soekarno Hatta

"Di babak kedua, kami bermain imbang 1-1. Kami bermain baik. Kami mengontrol lapangan tengah. Kami mengunci sela-sela yang bisa dilalui lawan untuk melakukan umpan-umpan terukur dan menciptakan beberapa peluang di babak ini. Kami membuat perkembangan yang bagus,” ungkap Radoncic.

Untuk mematangkan tim, sebelum ke turnamen Toulon Cup, mereka akan kembali mengadakan uji coba melawan Persita Tangerang.

Bicara mengenai lawan uji coba (Persita), Radoncic mengatakan bahwa dia dan anak asuhnya melakukan persiapan.

"Kami mempersiapkan tim ini bukan untuk melawan tim dari Liga 1. Kami mempersiapkan tim untuk turnamen Toulon Cup. Jadi, kami akan bertemu dengan tim kuat dan baik (Persita). Saya ingin pemain bisa memercayai diri mereka sendiri dan bagaimana meningkatkan kepercayaan diri mereka, dengan komunikasi yang baik, tetap bermain kompak, punya hubungan baik antar pemain dalam tim, koneksi yang baik antar lini dan itu kunci utama bagi kami, dan mungkin kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menang,” papar Radoncic.

Rencananya, turnamen Toulon 2022 akan berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang.

Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Turnamen ini untuk kategori level usia U-17 hingga U-23.

Selain untuk Toulon Cup, Timnas U-19 juga dipersiapkan PSSI jelang menghadapi laga-laga di Piala Dunia U-20 2023.

Apalagi, Indonesia menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved