Jakarta Masa Depan

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Disiapkan Jadi Pusat Ekonomi Nasional dan Global  

Thomas Umbu Pati mengatakan status Jakarta akan diubah menjadi pusat perekonomian.

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Diskusi bertajuk Jakarta Masa Depan yang digelar Warta Kota, Senin (23/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Status Jakarta yang tidak lagi sebagai ibu kota tidak serta merta mengubah wilayahnya menjadi sama seperti daerah-daerah lainnya.

Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Bina Adwil Kemendagri Thomas Umbu Pati mengatakan status Jakarta akan diubah menjadi pusat perekonomian.

“Dari Kemendagri bahwa dalam konteks regulasi sementara penyusunan UU terkait, Jakarta tetap sebagai daerah khusus dan fokusnya pada pusat ekonomi nasional dan global,” ujarnya saat diskusi bertajuk Jakarta Masa Depan yang digelar Warta Kota, Senin (23/5/2022).

Thomas menambahkan nantinya sebagai pusat perekonomian nasional dan global, Jakarta akan menitikberatkan pada aspek ekonomi maupun pendukung lainnya seperti budaya dan sejarah.

“Pemindahan ini kita tidak mengabaikan atau tidak meninggalkan Jakarta dengan sejarah budaya dan kekhususan. Jakarta kita akan tetap pertahankan dalam konteks pusat ekonomi nasional global,” ucap Thomas.

Adanya rencana untuk mengubah status Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan global juga akan mengajak daerah-daerah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Baca juga: Jakarta Punya Segudang Masalah, Pemindahan Ibu Kota Jadi Momentum Evaluasi

Sehingga nantinya dapat terjalin sinergitas antara Jakarta dan daerah di sekitarnya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang selama ini menjadi kendala seperti isu lingkungan dan transportasi.

“Karena itu mekanisme kerjasama yang saat ini digagas Kemendagri, peluang yang kita pertahankan bagaimana membangun kolaborasi sinergitas antara DKI dengan daerah pinggiran,” ungkap Thomas.

Baca juga: Keterlibatan Pemda Jadi Masukan yang Baik Untuk Penyusunan RUU Jakarta

Adapun pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2024 mendatang. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved