Jakarta Masa Depan

Keterlibatan Pemda Jadi Masukan yang Baik Untuk Penyusunan RUU Jakarta

Sehingga diharapkan apa yang dibuat tersebut sudah mewakili seluruh pihak terkait dalam hal ini Jakarta maupun kota-kota yang berada di sekitarnya.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Warta Kota menggelar dialog bertema 'Jakarta Masa Depan' di Gedung Konpas Gramedia, Senin (23/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Penyusunan rancangan undang undang (RUU) Jakarta perihal statusnya pascapemindahan ibu kota dinilai sangat perlu melibatkan pemerintah daerah (Pemda) di sekitarnya. 

Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Bina Adwil Kemendagri Thomas Umbu Pati mengatakan keterlibatan publik menjadi hal yang sangat penting terkait status Jakarta. 

“Saya kira konsultasi publik sejak awal itu perlu sekali partisipasi, masukan kepala daerah dalam semangat governance, ada private sector, civil society dan state,” ujarnya saat diskusi bertajuk Jakarta Masa Depan yang digelar Warta Kota, Senin (23/5/2022). 

Menurut Thomas, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Otonomi Daerah akan membuka sejumlah masukan dalam hal penyusunan RUU Jakarta setelah tidak lagi berstatus ibu kota. 

“Hal yang sangat efektif di era demokrasi maka ruang itu perlu diciptakan, maka Kemendagri dalam hal ini otonomi daerah jadi masukan yang baik untuk membuka ruang partisipasi,” ujarnya. 

Sehingga nantinya diharapkan apa yang dibuat tersebut sudah mewakili seluruh pihak terkait dalam hal ini Jakarta maupun kota-kota yang berada di sekitarnya.

Baca juga: Rayakan HUT Jakarta ke-495, Pemprov DKI Belum Memastikan Bakal Mengundang Presiden Jokowi atau Tidak

“Sehingga betul-betul substansi RUU yang baru bisa mengakomodir semua persoalan di daerah inter land,” sambungnya. 

Terlebih ada tiga hal yang perlu dievaluasi dari Jakarta ketika tidak lagi berstatus ibu kota yakni kewenangan, keuangan dan kelembagaan. 

Baca juga: Kalimantan Jadi IKN Baru, Sekda Kabupaten Tangerang Berharap Jakarta Bisa Menjadi Pilot Project

“Kalau evaluasi itu ditetapkan di Jakarta setelah pemindahan ibukota,” sambungnya. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved