Jakarta Masa Depan

Jakarta Punya Segudang Masalah, Pemindahan Ibu Kota Jadi Momentum Evaluasi

Thomas menambahkan daya dukung yang terus menurun di Jakarta maupun masalah banjir yang kerap terjadi menjadi kendala

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Diskusi bertajuk Jakarta Masa Depan yang digelar Warta Kota, Senin (23/5/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang dilakukan pemerintah pusat dilakukan setelah melalui berbagai pertimbangan mendasar.

Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Bina Adwil Kemendagri Thomas Umbu Pati mengatakan di Jakarta ada berbagai masalah yang cukup kompleks.

“Jadi kalau urgensi kenapa harus pindah saya kira banyak persoalan di Jakarta,” ujarnya saat diskusi bertajuk Jakarta Masa Depan yang digelar Warta Kota, Senin (23/5/2022).

Berdasarkan data yang ada, 57 persen penduduk terkonsentrasi di Pulau Jawa terutama di Jakarta. Begitupun halnya dengan konversi lahan banyak terjadi di Pulau Jawa.

Selain itu masalah lainnya terkait dengan krisis ketersediaan air serta pertumbuhan penduduk juga terjadi di Pulau Jawa. Bahkan urbanisasi menjadi momok lain bagi Jakarta.

Thomas menambahkan daya dukung yang terus menurun di Jakarta maupun masalah banjir yang kerap terjadi menjadi kendala untuk mendukung roda pemerintahan.

Baca juga: Keterlibatan Pemda Jadi Masukan yang Baik Untuk Penyusunan RUU Jakarta

“Kalau bicara dari hasil riset 2013, bagaimana Jakarta menempati peringkat ke 10 kota terpadat di dunia dan penurunan air muka tanah di Jakarta 10 tahun terakhir 35-50 cm,” ungkap Thomas.

Menyikapi kondisi itu lah maka pemerintah pusat memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan Timur.

Baca juga: Rayakan HUT Jakarta ke-495, Pemprov DKI Belum Memastikan Bakal Mengundang Presiden Jokowi atau Tidak

Baca juga: Ratusan Warga Subang Ikuti Kegiatan Pengabdian Masyarakat BP3IP Jakarta

Baca juga: Closing Diselenggarakan di JIS, Niki Zefanya dan Rich Brian Bakal Memeriahkan HUT DKI Jakarta ke-495

Meski demikian, Thomas menolak pemindahan tersebut sebagai upaya meninggalkan Jakarta dengan segudang permasalahannya.

“Apakah setelah pindah ibu kota negara masalah ini tetap terjadi? Saya kira ini momentum untuk evaluasi terhadap kondisi Jakarta hari ini,” ujar Thomas.

Adapun pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2024 mendatang. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved