Breaking News:

Breaking News

Breaking News, Batik Air Gagal Take-off di Bandara Juanda, Pilot Rasakan Ada Getaran di Bagian Roda

Sebelum keberangkatan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUJ dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal.

Editor: Feryanto Hadi
TRIBUN JAMBI/IST
Ilustrasi pesawat Batik Air gagal mendarat 

WARTAKOTALIVE.COM, SURABAYA--Pesawat Batik Air penerbangan ID-6309  dilaporkan mengalami kegagalan saat hendak take-off di landasan Bandara Juanda, Jawa Timur

Maskapai Penerbangan Batik Air, member of Lion Air Group, memberikan penjelasan terkait rute dari Bandara Internasional Juanda, tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (22/5/2022), telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, Batik Air penerbangan ID-6309 telah dipersiapkan secara tepat.

Baca juga: Tiba Hari Minggu di Jakarta, Puluhan Mobil Formula E Diangkut dengan Tiga Pesawat Boeing

Baca juga: Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno Hatta Semakin Banyak, Lebih dari 120.000 Orang per Hari

Sebelum keberangkatan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUJ dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal.

"Batik Air penerbangan ID-6309 dijadwalkan lepas landas pukul 09.10 WIB dengan membawa 6 kru dan 151 penumpang," ujarnya, Senin (23/5/2022).

Di saat pesawat bergerak pelan memasuki landas pacu, lanjut Danang, pilot merasakan pergerakan pada roda pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya, membuat pesawat terhenti atau stuck, sehingga perlu dilakukan pengecekan.

Baca juga: Jokowi Banggakan Harga BBM Lebih Murah dari Singapura dan Amerika, Said Didu Singgung Perbedaan UMR

"Hasil pengecekan, diketahui bahwa roda atau ban pesawat memasuki area aspal pada ujung landas pacu Juanda yang mengalami penurunan dari permukaan," terangnya.

"Sehingga pesawat perlu direposisi menggunakan kendaraan penarik untuk mempermudah keluar dari area landas pacu yang agak amblas," imbuh Danang.

Danang menambahkan, dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pesawat ditarik kembali menuju landas parkir atau apron. 

"Hasil pemeriksaan teknisi dan pilot pada pesawat, bahwa pesawat dimaksud dalam kondisi baik, layak terbang dan aman, tidak mengalami kerusakan," paparnya.

Setelah pesawat parkir dengan sempurna pada tempatnya, kata dia, seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu.

Batik Air telah menginformasikan dampak yang timbul kepada seluruh penumpang.

"Batik Air mempersiapkan kembali penerbangan ID-6309 masih di hari yang sama (22/5/2022). Pesawat berangkat pukul 12.58 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 14.13 WIB," ucapnya.

Baca juga: Penunjukkan Pj Bupati Morotai Dianggap Rawan Timbulkan Konflik, SPMU Ancam Gugat Tito ke PTUN

Penjelasan pihak bandara

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved