Pelonggaran Penggunaan Masker

Wali Kota Depok: Salat Tetap Harus Pakai Masker

Terlebih beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan penyataan resmi untuk bisa melepas masker saat berada di luar ruangan.

Pemkot Depok
Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ia mengatakan Salat Tetap Harus Pakai Masker 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -- Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 meskipun sejauh ini penambahan kasus sudah berangsur-angsur menurun.

Ia juga meminta warga untuk tetap memakai masker saat salat di dalam masjid.

Idris mengatakan sekalipun kasus Covid-19 berkurang, namun bukan berarti membebas tugaskan masyarakat untuk tidak lagi mematuhi prokes.

Terlebih beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan penyataan resmi untuk bisa melepas masker saat berada di luar ruangan.

"Maksudnya membuka masker di ruang terbuka itu kita tidak dalam kerumunan. Misalnya lari pagi hanya ada dua atau tiga orang, itu kita buka (masker) bebas, tetapi kalau di dalam ruangan ya tetap dipakai," kata Idris kepada wartawan di Balai Kota, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (20/5/2022).

Pria yang menjabat di periode keduanya saat ini, menanggapi pernyataan dari salah seorang pengurus MUI yang memerbolehkan salat di masjid tanpa masker.

Baca juga: Omzet Pedagang Masker Tetap Stabil, Pelanggan: Pakai Masker Selain untuk Kesehatan juga Fesyen

"Yang harus dicermati justru standar pernyataan dari MUI soal salat di masjid enggak perlu lagi memakai masker. Nah ini perlu dicatat karena itu tidak termasuk pernyataan presiden," tegasnya.

"Sebab, masjid dan tempat ibadah lainnya kan di dalam ruangan dan berjamaah, itu harus tetap bermasker. Jadi, pernyataan resmi harus dari kementerian, presiden, atau satgas (Covid-19)," tandasnya.

Baca juga: Penumpang Bandara Soekarno Hatta tak Mau Ikuti Anjuran Presiden Jokowi Soal Lepas Masker

Sementara itu, untuk di Kota Depok, Idris menyatakan pelaksanaan ibadah di rumah ibadah yang berada di dalam ruangan masih tetap harus menggunakan masker.

"Kita masih mengikuti ketentuan PPKM Level 2 yang ketentuannya menyatakan masih bermasker (untuk pelaksaan ibadah)," pungkasnya.

Baca juga: Tanti Rohilawati tak Mau Gegabah, Imbau Warga Kota Bekasi tak Asal Lepas Masker di Area Terbuka

Baca juga: Pelonggaran Penggunaan Masker, Ini Kata Ketum Gerakan Pakai Masker

Baca juga: Jokowi Longgarkan Kebijakan Bermasker, Epidemiolog UI: Enggak Usah Diikutin, Tetap Pakai Masker

Sedangkan sekolah di Kota Depok, Idris mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yang mengatur untuk melanjutkan pelaksaan belajar mengajar tatap muka di sekolah.

"Sekolah sesuai dengan SKB 4 Menteri untuk melanjutkan sekolah dibuka 100 persen tapi tetap masih pakai masker dan harus tetap dijaga prokesnya," ujarnya. (vin)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved