Komunitas

Festival Kudus 2022: Hadirkan Keragaman Budaya, Kuliner dan Potensi UMKM Setempat

FKMK ingin mengenalkan potensi budaya, kuliner dan UMKM yang dimiliki Kabupaten Kudus kepada masyarakat Jakarta.

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) menggelar Festival Kudus 2022 yang berlangsung di kompleks Museum Satria Mandala Jakarta pada 21-22 mei 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Jabodetabek menggelar Festival Kudus 2022 yang berlangsung di kompleks Museum Satria Mandala Jakarta pada 21-22 mei 2022.

Melalui ajang ini, FKMK ingin mengenalkan potensi budaya, kuliner dan UMKM yang dimiliki Kabupaten Kudus seraya mengenalkan Kudus kepada masyarakat Jakarta.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto mengatakan, selama 2 tahun semua masyarakat tak bisa melakukan apa-apa karena badai Covid-19.

Perekonomian global pun ikut melemah. Meskipun begitu, terdapat sisi positif yaitu sejumlah inisiatif muncul untuk berinovasi.

"Festival Kudus 2022 ini adalah bentuk dari inovasi yang muncul untuk bisa berkreasi menyelenggarakan ajang bermanfaat seperti ini. Di sini kami menampilkan kearifan budaya Kudus yang ditinggalkan bagi kami," kata Eris Herryanto di sela-sela acara Festival Kudus 2022, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: HaloPuan Gandeng 16 Ormas dan Komunitas Sosial di Jawa Barat Lawan Stunting dengan Daun Kelor

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto.
Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK), Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto. (Dok. FKMK)

Menurutnya, kearifan budaya Kudus yang paling utama adalah toleransi.

"Kudus sebagai kota empat negeri karena punya empat etnis yaitu Jawa, China, Arab, dan Belanda, tapi tetap mengagungkan peninggalan toleransi sehingga bisa hidup dengan damai hingga saat ini," sambungnya. 

Mantan Sekjen Inasgoc Asian Games 2018 itu menambahkan, dengan penyelenggaraan di Jakarta dimaksudkan agar potensi budaya dan UMKM yang ada di Kudus akan bisa terangkat dan dikenal masyarakat luas.

Dengan digelarnya festival ini, Eris Herryanto berharap masyarakat di luar Kudus bisa mengetahui potensi wisata, potensi budaya, potensi kuliner dan juga potensi ekonomi yang diusung UMKM di Kudus bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, penyelenggaran festival ini bisa sebagai forum silaturahmi masyarakat Kudus yang ada di perantauan. 

Dalam kegiatan yang mengusung tema Kudus Kota Empat Negeri ini FKMK menggandeng Yayasan BUMN dan Pemerintah Kabupaten Kudus.

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan Gubernur Jateng, Perwakilan Bupati Kudus, Jajaran Pemda Kudus, Paguyuban Jateng, alumni SMA Negeri 1 Kudus, Tokoh Masyarakat Kudus dan warga Kudus se-Jabodetabek.

Sementara itu, saat pembukaan Festival Kudus 2022 dimeriahkan dengan penampilan Tarik Kretek, Tari Pesona Batik Kudus, Barongan, Wayang Klithik, Ketoprak, Kirab Jenang Kudus, Rumah Gebyok dan lainnya.

Pengunjung juga menikmati kuliner secara gratis, antara lain soto kudus, sate kerbau, pindang kerbau, jenang, lentog tanjung, dan lainnya. (ign)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved