Pelonggaran Penggunaan Masker

Penumpang Bandara Soekarno Hatta tak Mau Ikuti Anjuran Presiden Jokowi Soal Lepas Masker

Anjuran Presiden Jokowi soal lepas masker jika di area terbuka, ternyata tak diikuti oleh masyarakat. Banyak yang tetap khawatir dan pakai masker.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Valentino Verry
warta kota/gilbert sem sandro
Hainun Rifai, penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta memilih tetap menggunakan masker karena merasa lebih nyaman, meski Presiden Jokowi menganjurkan tak menggunakan ketika di area terbuka. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Penumpang penerbangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, memilih tetap menggunakan masker saat berada di area bandara.

Hal tersebut disampaikan oleh seorang penumpang asal Garut, Jawa Barat, Hainun Rifai.

"Kalau saya lebih memilih tetap pakai masker saja, apabila ingin melakukan pemberangkatan ataupun baru tiba di Bandara Soetta ini," ujar Hainun Rifai, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: Asyik Bermain Bocah Enam Tahun Kecebur dari Jembatan Ciherang, Sehari Kemudian Ditemukan Tewas

Hainun mengaku, dirinya lebih nyaman menggunakan masker saat berada di wilayah yang ramai, seperti saat berada di Bandara Soetta.

Hal tersebut dilakukan, guna menghindari keterpaparan dan penyebaran Covid-19.

Pasalnya, jumlah penumpang yang melalukan aktivitas di Bandara Soetta dinilai sangat banyak. Terlebih, antara penumpang tidak saling mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing. 

"Saya merasa lebih nyaman pakai masker itu karena penumpang di Bandara Soetta ini kan banyak banget, dan kita enggak tahu kesehatan satu sama lain kan," katanya.

Baca juga: Makin Mesra, John Hopkins Pangku Nikita Mirzani di Dalam Mobil Alphard

"Apalagi penumpang yang baru sampai, kita kan enggak tau mereka sebelumnya ngapain aja, makanya agak khawatir juga," imbuhnya.

Hainun mengatakan, kondisi Pandemi Covid-19 yang telah melanda dalam tiga tahun terakhir, membuat masker menjadi kebutuhan utama saat ini.

Sebab, kebijakan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19, telah membuat gaya hidup baru di masyarakat.

Ilustrasi antrean penumpang di Bandara Soekarno Hatta.
Ilustrasi antrean penumpang di Bandara Soekarno Hatta. (TribunTangerang.com/Gilbert Sam Sandro)

"Jujur, saya sekarang ini justru merasa aneh gitu kalau enggak pakai masker ya, jadi merasa dilihatin semua orang," tuturnya.

"Mungkin masyarakat sudah kebiasaan ya, dan masker jadi salah satu kebutuhan utama karena penerapan prokes yang dibikin sama pemerintah," terangnya.

Menurutnya, apabila dirinya ingin melepas masker, ia akan memilih area yang tidak dipadati oleh masyarakat, baik itu di area Bandara Soetta ataupun tidak.

Baca juga: Stevany Ibo Termotivasi Mendulang Emas di SEA Games, Minta Dukungan Rakyat Indonesia

"Ya kalau memang mau melepas masker sejenak gitu kan, lebih baik sih saya mencari tempat yang agak sepi saja, biar aman dan tenang juga," ungkap Hainun Rifai.

Melalui pantauan Wartakotalive.com pada Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, puluhan penumpang yang tiba ataupun yang ingin berangkat, masih menerapkan protokol kesehatan Covid-19 memakai masker tersebut.

Keluarga penumpang yang menjemput serta mengantar kerabatnya yang ingin melakukan penerbangan itu, juga mayoritas tetap mengenakan masker.

Baca juga: Buruh Terpaksa Demo, tak Kuat Hadapi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Penumpang yang menunggu di area luar pintu masuk bandara, juga masih menggunakan masker, meskipun sudah termasuk area ruang terbuka.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved