Berita Jakarta

Dukung Tata Kelola Keuangan Negara, BKN Luncurkan Aplikasi SPEKTRA

Bima Haria Wibisana mengatakan adanya aplikasi Spektra itu agar bisa mewujudkan tata Kelola keuangan negara yang efektif, efisien dan akuntabel.

Istimewa
BKN meluncurkan aplikasi SPEKTRA untuk mendukung tata kelola keuangan negara 

WARTAKOTALIVE.COM, BALAIKOTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meluncurkan Sistem Perencanaan Anggaran dan Keuangan Terintegrasi (Spektra) untuk mendukung tata kelola keuangan negara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan adanya aplikasi Spektra itu agar bisa mewujudkan tata Kelola keuangan negara yang efektif, efisien dan akuntabel.

"Jadi kemampuan aplikasi Spektra bisa mengintegrasikan sistem internal BKN dan berkontribusi dalam peningkatan nilai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE)," ujarnya, Jumat (20/5/2022).

Selain itu aplikasi Spektra juga dinilai mampu mengintegrasikan data dan sistem internal BKN dengan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) milik Kementerian Keuangan.

Menurut Bima, kehadiran aplikasi Spektra bisa mencegah terjadi potensi penumpukan anggaran di akhir tahun hingga berkontribusi menjaga ‘cash flow’ keuangan negara.

Baca juga: Rekomendasi Tak Dijalankan, Ombudsman Minta Jokowi Berikan Sanksi kepada Ketua KPK dan Kepala BKN

"Dengan lahirnya Spektra diharapkan akan tercipta peningkatan kinerja keuangan di BKN yang bisa berdampak pada peningkatan kinerja organisasi," katanya.

Kehadiran aplikasi Spektra memberikan banyak dampak positif seperti penyederhanaan proses bisnis pengelolaan perencanaan anggaran dan keuangan dan meningkatkan pengendalian dan monitoring atas pelaksanaan anggaran.

"Ke depan Spektra akan terus dikembangkan agar bisa melahirkan Sistem Informasi Keuangan yang holistik dan andal dalam menyelesaikan berbagai persoalan keuangan di BKN," kata Bima.

Adapun Spektra merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Direktorat Sistem Informasi Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan dan Sekretaris Utama BKN tentang Interkoneksi Data SAKTI dari Monitoring Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (MONSAKTI) ke Spektra-BKN. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved