Donor Darah

PMI Kota Bekasi Krisis Stok Darah, Minat Masyarakat Menurun untuk Donor Darah

Pandemi virus corona yang berkepanjangan berdamp[ak buruk pada program donor darah, alhasil stok darah di PMI menyusut.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Ilustrasi donor darah - Akibat pandemi virus corona stok darah di PMI menyusut, karena saat ini minim peminat donor darah. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pasca libur lebaran 2022 kondisi stok darah di Kota Bekasi Minim bahkan sempat kosong. Hal ini lantaran terjadi karena belum banyaknya masyarakat yang melakukan donor darah.

Humas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi, Ayu Mekar Sari mengatakan kondisi stok darah di Kota Bekasi yang Minim ini sudah terjadi sejak pandemi. Dalam sebulan pun target stok darah tak terpenuhi.

Baca juga: Waspada Munculnya Penyakit Kuku dan Mulut yang Merebak di Jawa Timur, Terutama Jelang Idul Adha

"Kalo saat ini memang kondisi stok darah di PMI menipis bahkan sempat kosong juga. Jadi memang kondisi ini sudah terjadi sejak pandemi," kata Ayu Mekar Sari, Kamis (12/5/2022).

Diungkapkan oleh Ayu, pada April 2022 kemarin, stok darah dalam sebelum di Kota Bekasi hanya sebanyak 2.249 kantung darah.

Jumlah ini jauh dari yang ditargetkan oleh PMI Kota Bekasi yaitu sekitar 4.500 sampai 5.000 kantong darah dalam perbulannya.

Baca juga: Hakim Tolak Eksepsi Irjen Napoleon Bonaparte, Pekan Depan M Kece Dihadirkan di Persidangan

"Jadi memang targetnya kita masih kurang. Kalo sekarang kebanyakan para pendonor berasal dari  donor penganti (keluarga)," katanya.

Minimnya stok darah di Kota Bekasi, hal ini juga terjadi, belum banyaknya kegiatan-kegiatan donor darah yang digelar di perkantoran, Mal, maupun tempat publik lainnya. Hal ini juga faktor karena pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Maka dari itu, untuk menjaga ketersediaan kantung darah PMI Kota Bekasi menggelar road show pengambilan donor darah ke kantor kecamatan dan Mal-Mal Kota Bekasi. Road show pengambilan donor darah telah berjalan sejak Pandemi.

Baca juga: Anies Baswedan Minta Masyarakat Meningkatkan Imunitas saat Jakarta Terapkan PPKM Level 2

Selain itu, diungkapkan oleh Ayu, jika PMI Kota Bekasi juga melayani pemenuhan stok darah untuk layanan rumah sakit umum daerah dan dengan kisaran 150 kantong darah setiap hari. 

"Kami juga melayani kebutuhan rumah sakit umum daerah dan swasta lainnya seperti RSUD Kota Bekasi yang juga meminta pasokan stok kantong darah ke PMI kota Bekasi. Stok seluruh golongan darah masih aman, walaupun kondisi saat ini pandemi," ucapnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved