Dapat Sambutan Hangat dari Presiden Korsel, Begini Respons Megawati

Presiden Republik Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Indonesia (RI) kelima, Megawati Soekarnoputri.

Penulis: DNA | Editor: APS
Dok. ISTIMEWA
Presiden Republik Indonesia (RI) kelima, Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol. 

TRIBUNJABAR.ID - Presiden Republik Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol melakukan pertemuan dengan Megawati Soekarnoputri di Istana Kepresidenan Korea, Seoul, pada Rabu (11/5/2022) pagi waktu setempat.

Megawati hadir di Istana Kepresidenan Korsel setelah kemarin, Selasa (10/11/2022), mengikuti prosesi pelantikan Yoon Suk Yeol sebagai presiden baru menggantikan Moon Jae In.

Pada kegiatan tersebut, Megawati didampingi oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto, Bendahara Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, dan Direktur Hubungan Luar Negeri DPP PDIP Hanjaya Setiawan.

Sejak sekitar pukul 09.45 waktu setempat, Megawati sampai di kompleks Istana Kepresidenan Korea Selatan, Seoul. Ia pun ditemui oleh Yoon Suk Yeol, yang kemudian menemaninya mengisi buku tamu.

Buku tamu itu bertuliskan, “Semoga persahabatan antara Republik Indonesia dengan Republik Korea Selatan semakin erat selamanya. Salam hangat Megawati Soekarnoputri Presiden kelima Republik Indonesia".

Setelah menuliskan buku tamu tersebut, Megawati digandeng Yoon Suk Yeol untuk berfoto di hadapan wartawan. Kedua tokoh ini kemudian berjalan bergandengan menuju ruang pertemuan. Megawati duduk di sisi kanan dan Yoon Suk Yeol di sisi kiri.

“Suatu kemuliaan bagi saya bisa bertemu dengan Ibu Megawati yang telah lama memberikan kontribusi dalam peningkatan perdamaian di semenanjung Korea,” kata Yoon Suk Yeol dalam siaran persnya, Rabu.

Yoon Suk Yeol mengungkapkan, bahwa Megawati telah lama menjalin tali silaturahmi yang sangat erat dengan Korsel.

Oleh karenanya, ia berharap agar Megawati senantiasa berkenan memberikan perhatian dan dukungan kepada Korsel.

Lebih lanjut Yoon Suk Yeol mengatakan, Korsel dan Indonesia sama-sama telah melewati perjalanan sejarah yang berliku, dan berhasil meraih demokrasi serta mencapai perkembangan ekonomi.

Pengalaman kedua negara tersebut, kata dia, menjadi bagian penting dalam membangun kerja sama yang spesial antara kedua negara.

“Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang menjadi mitra khusus atau spesial partner bagi Korsel,” ujar Yoon Suk Yeol.

Selama setengah abad, lanjut dia, Indonesia dan Korsel melakukan loncatan besar di bidang kerja sama.
Untuk diketahui, Indonesia telah menjadi Presidensi Group of Twenty (G20) pada 2022. Pada 2023, Indonesia akan menjabat posisi sebagai ketua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

“Terkait dengan dua hal tersebut, kami berharap Indonesia terus - menerus dapat menunjukkan kepemimpinannya sekaligus memberikan dukungan dan perhatian kepada Korsel,” kata Yoon Suk Yeol.

Tanggapan Megawati

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved