Kunjungan Anies

Presiden Jokowi ke AS, Anies tak Mau Kalah, Terbang ke Eropa Bahas Kerja Sama Bidang Transportasi

Gubernur DKI Anies Baswedan akan melakukan perjalanan dinas ke Eropa membahas transportasi, sedangkan Presiden Jokowi ke AS untuk hadiri KTT Asean.

Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengunjungi sejumlah negara Eropa mulai Rabu (11/5/2022) malam, guna membahas sejumlah masalah penting. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melaksanakan perjalanan dinas ke sejumlah negara di Eropa guna membahas kerja sama di bidang transportasi dan pembiayaan proyek MRT Jakarta.

Adapun sejumlah negara yang akan dikunjungi Anies diantarnya yakni Inggris, Jerman, dan Prancis.

Baca juga: Ajang Street Race di Kota Bekasi Segera Digelar, Pembuatan Trek Hampir Beres

"Rencana besok malam memang mau ada agenda ke Eropa, ke beberapa negara di antaranya London (Inggirs), Jerman, Paris (Perancis), dalam rangka pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi termasuk pembiayaan MRT tapi juga transportasi lainnya," ucap Ariza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022).

Orang nomor dua di Ibu Kota ini juga mengatakan perjalanan Anies ke luar negeri merupakan undangan program kerja sama yang terjalin antarkota di dunia.

Nantinya, Anies akan berangkat bersama rombongan pada hari ini, Selasa (10/5/2022).  

Serta dijadwalkan melakukan perjalanan dinas selama delapan hari ke depan.

Baca juga: Jokowi Terbang ke Amerika untuk Hadiri KTT ASEAN-AS, Juga Bakal Temui Para CEO Besar

"Iya itu undangan, Jadi memang kepergian beliau Pak Anies dan jajaran ada undangannya," tutup Ariza.

Dilansir dari Kompas.com, pada Rabu (23/2/2022) lalu,  Anies bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris, Anne-Marie Trevelyan, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan itu, mereka membahas kolaborasi program terkait iklim serta kerja sama dalam bidang transportasi, khususnya MRT Jakarta.

"Kami tadi membahas potensi kolaborasi antara Jakarta dengan Inggris dalam berbagai program terkait iklim, apalagi Jakarta memiliki target untuk mencapai zero emission pada tahun 2050," kata Anies, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu.

Baca juga: Memasuki Musim Kemarau, BPBD DKI Minta Masyarakat Waspadai Krisis Air Bersih dan Polusi Udara

"Diharapkan, dengan kolaborasi ini akan membuat Jakarta semakin menjadi kota yang berketahanan iklim," ujar dia.

Selain mendiskusikan program terkait iklim, Anies juga turut membahas soal transportasi umum di Jakarta. Khususnya, elektrifikasi transportasi umum massal serta pengembangan rute MRT Jakarta.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved